Garuda Pertiwi Siap Terbang

In nasional, Utama
BERLATIH : Pemain timnas putri Indonesia saat melakukan sesi latihan di Lapangan NYTC, Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Senin (18/11). Latihan tersebut sebagai persiapan menuju SEA Games 2019 di Filipina. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari yang ditunggu datang juga. Setelah berlatih hampir 19 hari sejak 2 November 2019, di National Youth Training Center (NYTC), di Kelurahan Bojongsari Baru, Bojongsari Depok. Kemarin, Pelatih Timnas Sepak Bola Putri Indonesia, Rully Nere, telah memilih 20 pemain yang tampil di SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Selama pemusatan latihan, skuat Garuda Pertiwi fokus pada tiga hal, yaitu kebugaran pemain, pemantapan defending, dan penajaman counter attack. Rully Rene secara langsung memberikan penilaian terhadap pola permainan. Dan implementasi taktik yang diterapkan dalam sesi seleksi dan pemusatan latihan, dibantu asisten pelatih Yopie Riwoe, pelatih kiper Haryono dan pelatih fisik Kartono Pramdhan.

Yopie mengatakan, seleksi pemain Timnas Sepak Bola Putri ini melaui proses yang panjang. “Tahun ini, sekuat Timnas Putri mengikuti beberapa event internasional, sehingga ada beberapa pemain yang dipertahankan, ada beberapa yang diseleksi kembali,” kata Yopie.

Hingga terakhir seleksi SEA Games ini, kata dia, pemain yang ikut sebanyak 23 orang. Namun, sesuai dengan kuota hanya 20 pemain yang dibawa. “Maka 20 nama inilah yang akan berjuang untuk Indonesia di SEA Games nanti” ujarnya.

Di ajang SEA Games 2019, Timnas Sepak Bola Putri Indonesia berada di grup B bersama Thailand dan Vietnam. Terkait dengan peluang timnya, Yopie mengaku optimistis.

“Memang Indonesia berada di grup yang berat bersama Thailand dan Vietnam, namun layaknya tim lain, kami ingin meraih kemenangan dengan mengalahkan mereka,” kata dia.

Yopie menyadari, banyak orang mungkin menilai ambisi timnya seperti mimpi. Namun, ia menegaskan, itulah target tim asuhannya. “Yang pasti bekerja dan berdoa demi nama bangsa,” ucapnya.

Salah satu pemain yang terpilih, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo mengaku, kabar bahagia tersebut sudah didapatkan pada Rabu (20/11), kala pelatih Rully Nere menyebut namanya di dalam skuat skuat Garuda Pertiwi. Ini merupakan kesempatan kedua bagi dara cantik berusia 20 tahun itu memperkuat Indonesia, setelah tampil di ajang AFF Women di Thailand, Agustus lalu.

Mengetahui namanya terpilih ke dalam skuat Timnas Putri Indonesia, Sabrina mengaku bersyukur. Ia bertekad tampil maksimal demi memberikan hasil terbaik untuk Tanah Air.

”Yang pasti bersyukur dan bangga terpilih untuk mewakili Indonesia di SEA Games tahun ini. Alhamdulillah, sampai dipilih 20 pemain yang ikut ke SEA Games, nama saya salah satunya. Semoga bisa berkontribusi besar di Timnas Putri ini,” kata Sabrina, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Bagi Sabrina, tampil di SEA Games 2019 bak mimpi jadi nyata. Pemain bernomor punggung 5 itu merasakan betul ketatnya seleksi untuk menjadi pemain Timnas Putri Indonesia.

Saat ini, skuat Garuda Pertiwi masih melakukan pemantapan tim di Bojongsari Depok, sebelum bertolak ke Manila, Filipina. Timnas Putri Indonesia akan berangkat ke Filipina Rabu, 27 November 2019. Laga pertama, mereka akan menghadapi Vietnam pada 29 November 2019.(rd/net)

 

Berikut skuat Timnas Sepak Bola Putri Indonesia :

Kiper: Norffince Boma, Prihatini, Riska Julianti.

Pemain Bertahan: Ade Mustikiana Oktafiani, Berlyan Asya Pertiwi, Nur Laili Khomariyah, Safira Ika Putri Kartini, Shalika Aurelia Viandrisa, Vivi Oktavia Riski

Gelandang: Anggi Puspita Sari, Baiq Amiatun Shalihah, Jesellaa Arifya Sari, Mayang ZP, Nisma Francida Rusdiana, Octavianti Dwi Nurmalita, Rani Mulyasari, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo, Zahra Muzdalifah.

Penyerang: Dewi Tia Safitri, Febriana Kusumaningrum

 

Jurnalis : Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71), Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor :Pebri Mulya

You may also read!

DMC bantu wartawan depok

DMC dan JJI Beri Bantuan Wartawan Depok

SALURKAN : Depok Media Center (DMC) menyalurkan bantuan paket sembako dari Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI).

Read More...
pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...

Mobile Sliding Menu