Beranda Satelit Depok Lokmin Kecamatan Beji : Bahas Kesehatan Masyarakat, Langkah Strategis Kebijakan

Lokmin Kecamatan Beji : Bahas Kesehatan Masyarakat, Langkah Strategis Kebijakan

0
Lokmin Kecamatan Beji : Bahas Kesehatan Masyarakat, Langkah Strategis Kebijakan
INFORMASI : Camat Beji, Anis Fatoni (tengah) bersama dengan UPTD Puskesmas Kecamatan Beji melaksanakan Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor di Aula Kecamatan Beji, Depok. FOTO : GHEA PATTIA
INFORMASI : Camat Beji, Anis Fatoni (tengah) bersama dengan UPTD Puskesmas Kecamatan Beji melaksanakan Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor di Aula Kecamatan Beji, Depok. FOTO : GHEA PATTIA/RADAR DEPOK

 

Melalui lokakarya mini (Lokmin) Kecamatan Beji bersama UPTD Puskesmas yang rutin diadakan setiap tiga bulan sekali, kerap membahas terkait peningkatan kesehatan masyarakat.

Laporan : Ghea Pattia

RADARDEPOK.COM – Aula kantor Kecamatan Beji yang menjadi lokasi lokmin. Duduk dibagian depan, Camat Beji bersama Kepala UPTD Puskesmas se-Kecamatan Beji memberi materi pembahasan terkait peningkatan kesehatan masyarakat.

Lokmin merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk membahas permasalahan kesehatan masyarakat dan juga meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya wilayah Beji. Melalui Lokmin, banyak permasalahan maupun upaya peningkatan kesehatan yang dipecahkan bersama.

“Adanya kegiatan ini untuk menjadi langkah strategis dan menentukan arah kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya,” ujar Bagian Tata Usaha UPTD Puskesmas Beji, Roni Andriani.

Roni mengungkapkan, program kesehatan masyarakat ini juga menjadi tanggungjawab pihak Kelurahan dan Kecamatan dengan adanya kerjasama lintas sektoral, penanganan masalah kesehatan akan mudah ditangani di wilayah Beji khususnya untuk melaporkan dan menampung masukan-masukan dari masyarakat sekitar.

Apabila ditemukan gangguan kesehatan, lanjut Roni, kader posyandu dan PKK dapat segera memberikan informasi baik kepada aparatur kelurahan maupun petugas kesehatan, yakni Puskesmas yang ada di se-Kecamatan Beji.

Penguatan peningkatan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, yakni melaksanakan kerja bakti lingkungan, peningkatan pelayanan posyandu, dan pelaksanaan imunisasi, pelaksanaan Jumantik dari pintu ke pintu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyakit berbasis lingkungan.

“Masalah kesehatan ini tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan sendiri, tentu berkaitan dengan lingkungan dan sebagainya. Maka dari itu, UPTD Puskesmas se-Kecamatan Beji mendorong dan berpartisipasi untuk meningkatkan kesehatan yang ada di masyarakat lingkup Beji,” tutup Roni. (*)

 

Editor : Pebri Mulya