Beranda Ruang Publik Pengabdian Masyarakat FKG UI di Cikambangan Depok.

Pengabdian Masyarakat FKG UI di Cikambangan Depok.

0
Pengabdian Masyarakat FKG UI di Cikambangan Depok.

Oleh :

Lisa R. Amir

Dosen FKG UI

Depok – Sosialisasi mengenai jenis-jenis makanan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut penting untuk dilakukan karena mempengaruhi tumbuh kembang dan proses pembentukan gigi mulut di dalam kandungan. Pengetahuan mengenai peran nutrisi pada tumbuh kembang gigi mulut penting diketahui oleh ibu dengan anak usia sekolah dasar dan calon ibu yang akan merencanakan kehamilan. Survei yang dilakukan di Depok tahun 2017, menunjukkan masih ditemukannya status anak stunting (anak pendek karena kurang gizi). Hal ini mempengaruhi kesehatan secara umum, termasuk kesehatan gigi mulut.

Program Aksi UI untuk Negeri yang diadakan oleh dosen dan mahasiswa S1 dan S2 Departemen Biologi Oral Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung Depok di RT 04, Cikambangan, Depok , bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang peran pola makan dan nutrisi terhadap kesehatan gigi dan mulut. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan penyuluhan tentang stunting serta peran nutrisi terhadap kesehatan gigi dan mulut. Penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 28 Juli dan 4 Agustus 2019 kepada kurang lebih 20 kader dan 60 ibu-ibu di Desa tersebut. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan gigi gratis kepada lebih dari 50 anak-anak.

Bapak Nandang Sujana selaku Lurah Kalimulya menerima dengan hangat kedatangan para dosen dan mahasiswa serta mendukung kegiatan penyuluhan ini demi meningkatkan kesadaran dan kesehatan masyarakat. Kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh Komunitas Ciliwung Depok dan Karang Taruna Kalimulya. Kepala Departemen Oral Biologi FKG UI, Dr. drg. Ria Puspitawati, mengharapkan bahwa penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat agar tumbuh kembang gigi dan mulut anak-anak di Desa tersebut dapat tercapai dengan baik.

Untuk tercapainya tujuan tersebut, tidak cukup hanya dengan dilakukan penyuluhan ini, akan tetapi dibutuhkan partisipasi terutama dari para kader untuk membantu masyarakat dalam menerapkan pola makan yang sehat sesuai dengan penyuluhan yang telah disampaikan.