Pengembangan Soft Skill  Untuk Membangun Jiwa Kewirausaahaan Santriwan Yayasan Ar Rahmah, Cibubur Kolaborasi Dengan Laboratorium Sistem Manufaktur, UI Depok

In Ruang Publik
Penutupan Kegiatan Pengmas Membangun Jiwa Kewirausahaan Para Santri.

 

Oleh : Inaki Maulida Hakim, ST.MT

Staf Pengajar Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia

 

LABORATORIUM Sistem Manufaktur Universitas Indonesia baru saja menyelesaikan program Pengabdian Masyarakatmerupakan program hibah dari DRPM UI. Kegiatan yang dilaksanakan di Yayasan Islam Ar-Rahmah dan Kampus UI Depok selama 3 bulan ini bertujuan untuk menanamkan nilai kreativitas yang mengasah soft skill dan jiwa wirausaha dari santriwan melalui pengenalan ilmu marketing dan webpreneurship kepada para santriwan agar dapat menjadi bekal santriwan untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari setelah lulus dari Yayasan Ar Rahmah, Cibubur.  “Mengingat persaingan di era globalilasi yang semuanya menuju ke industri 4.0 sehingga ini membuat Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat ini berusaha untuk memberikan pelatihan kepada santriwan untuk untuk dapat menjawab tantangan perkembangan teknologi ini”, ujar Inaki.

Inaki selaku Ketua Pelaksana Program Pengmas ini menjelaskan pada Program Pengmas ini ada 3 materi yang diajarkan kepada santri yaitu: penjelasan konsep dan teknikmarketing, menyalurkan ide melalui video untuk promosi produk, dan pembuatan website. Ketiga hal ini dinilai penting untuk diajarkan sebagai bentuk adaptasi perkembangan teknologi yang sangat cepat, terutama internet dan sosial media, dan maraknya konten kreatif yang menjadi sarana pemasaran yang efektif.Program yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan ini diikuti oleh 24 santri yang dibagi kedalam empat kelompok. Masing-masing kelompok dibagikan tema mengenai produk atau jasa yang dapat dikembangkan oleh Yayasan Ar Rahmah, Cibubur. Pelaksanaan kegiatan Pengmas ini melibatkan asisten mahasiswa dari Laboratorium Sistem Manufaktur, Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia sebagai anggota pelaksana.

Output dari Program Pengmas ini adalah terbentuknya sebuah wadah untuk mengenalkan Yayasan Ar-Rahmah,CIbubur beserta kegiatan-kegiatannya melalui pembuatan website dan konten video yang unik yang dibuat oleh para santri. Program ini berjalan dengan lancar dan kebermanfaatannya dapat dirasakan bersama seperti yang dikatakan oleh Ustad Haidir selaku pembina pesantren ketika dimintai tanggapan terhadap Program Pengmas ini.“ Alhamdulillah pada kesempatan ini kami mendapat dukungan dari teman-teman mahasiswa dan dosen dari Laboratorium Sistem Manufaktur, Universitas Indonesia. Kegiatan ini sangat luar biasa dimana pendidikan ini adalah salah satu yang kami harapkan untuk difasilitasi di era sekarang. Program-program ini harapannya dapat membuat para santri lebih mandiri dan bisa beradaptasi dikehidupan sehari-hari ”.

Meskipun program ini sudah selesai diharapkan segala materi yang telah diajarkan dapat terus bermanfaat dan memotifasi Yayasan Pesantren lain untuk meningkatkan skill yang lain oleh para santrinya diluar dari ilmu agama. (*)

 

You may also read!

PGRI dan K3S bojongsari peduli

K3S SD dan PGRI Bojongsari Gelar Aksi Peduli

SOSIAL : K3S SD dan PGRI Kecamatan Bojongsari memberikan bantuan ke Kecamatan Bojongsari untuk disalurkan

Read More...
BBM pertamina baru

Belum juga Turun, Berikut Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan Malaysia

HARGA TURUN : Warga mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU kawasan Jalan

Read More...
ilustrasi tulisan dana bos

Dana BOS dan Tunjangan Guru Dipangkas Pemerintah

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah memangkas dana BOS dari Rp 54,31 miliar menjadi Rp 53,45 miliar.

Read More...

Mobile Sliding Menu