Beranda Pendidikan Poltekip Gelar Festival Seni Nusantara

Poltekip Gelar Festival Seni Nusantara

0
Poltekip Gelar Festival Seni Nusantara
FESTIVAL SENI NUSANTARA: Pimpinan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kota Depok berfoto bersama, dalam giat Festival Seni Nusantara (FSN), yang berlangsung di kampus Poltekip. FOTO : POLTEKIP FOR RADAR DEPOK
FESTIVAL SENI NUSANTARA : Pimpinan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kota Depok berfoto bersama, dalam giat Festival Seni Nusantara (FSN), yang berlangsung di kampus Poltekip. FOTO : POLTEKIP FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna meningkatkan jiwa nasionalis dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, taruna, praja Sekolah Tinggi Kedinasan Indonesia yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia  (FMKI), Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) menggelar Festival Seni Nusantara (FSN), pada 31 Oktober hingga 2 November, di kampus Poltekip Depok.

Direktur Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Rachmayanthy menuturkan, FSN merupakan kegiatan rutin dari FMKI. Dan kegiatan ini bisa berkelanjutan setiap tahun.

Tahun 2015 terbentuknya FMKI, kemudian adanya FSN ini diadakan mulai 2015 hanya empat perguruan tinggi yang bisa mengikuti kegiatan FSN. Selanjutnya 2018, FSN digelar di Yogyakarta tepatnya di Akademi Pertanahan, peserta yang ikut tujuh perguruan tinggi.

“Nah tahun ini, Poltekip menjadi tuan rumah. Ada sebanyak 26 perguruan tinggi kedinasan, dan progresnya luar biasa,” tutur Rachmayanthy kepada Radar Depok.

Selain itu ajang ini untuk menjalain silaturahmi di antara taruna, pelajar, mahasiswa, perguruan tinggi kedinasan. Kemudian juga menggalakan sportivitas, dengan ajang kegiatan perlombaan seni, budaya.

“Kemudian secara masif sebetulnya kegiatan ini bertujuan, mereka ini calon ASN yang akan menjadi penjembatan dan perekat bangsa. Karena kita majemuk kedaerahan kemudian banyak keragaman budaya, seni, dan bahasa dan FSN sebagai perekat,” tegas Rachmayanthy.

Kepala Sub Bagian Akademik, Indri Astuti menambahkan, kegiatan diisi beberapa perlombaan, di antaranya band, stand up comedy, tarian, musikalisasi puisi, vokal grup, beat box, kemudian mural dan sound movie.

“Dua hari berturut-turut, dilanjutkan malam hari ada guest starnya Om PMR. Nanti pada penutupan ada Guest Starnya Alviref, dirangkai pembagian hadiah dan lain sebagainya,” tutur Indri kepada Radar Depok, didampingi Humas FSN, Tegar Widya Pradhana, dan Fajar Putra Prastina Rumelawanto.

Indri menyebutkan, total ada 26 peserta di seluruh perguruan tinggi di Indonesia anggota FMKI. Targetnya dalam giat ini yaitu menumbuhkan sikap cinta seni dan budaya Indonesia, terutama untuk mahasiswa, taruna atau praja sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

“Sekaligus menyambung silaturahmi. Kami sajikan juga expo dan lain-lain, agar lebih dikenal khalayak,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya