Beranda Metropolis ProKlim Bukan Sekedar Lomba

ProKlim Bukan Sekedar Lomba

0
ProKlim Bukan Sekedar Lomba

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejak bergabungnnya Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok menjadi DLHK pada tahun 2017, ProKlim mulai menjadi salah satu program yang diprioritaskan.

Kepala DLHK, Ety Suryahati mengatakan, ProKlim semata-mata bukanlah sebuah lomba, tetapi bentuk perhatian dan tanggap pemerintah daerah kepada kelompok masyarakat yang sudah berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan lingkungan yang menjadi bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Dukungan kebijakan dari Wali Kota Depok  ditandai dengan adanya Surat Keputusan (SK) resmi tentang kepengurusan, penetapan tim, sampai penunjukan lokasi setiap tahunnya.

“Kami menaruh apresiasi yang besar kepada kelompok warga yang telah menjadi bagian dari pejuang perubahan iklim, prestasi yang didapat juga sudah cukup bagus dengan meraih Sertifikat Proklim Tingkat Utama,” terangnya.

Dukungan dari sektor swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) mulai di gulirkan. Antara lain dari PT. Astra, Bank BJB, PT. Pralon, dan PT. Ebara Peranan penting berbagai unsur dalam kelompok masyarakat tersebut secara kontinyu sangat dibutuhkan dalam mewujudkan proklim.

Lebih lanjut, keterlibatan tokoh masyarakat, pemuda/karang taruna, ibu rumah tangga yang bersatu padu melaksanakan kegiatan terkait adaptasi dan mitigasi menjadi point utama yang diperlukan. “Harapan besar adalah kelompok warga yang sudah menjadi proklim akan berkontribusi menjadi agen perubahan dan menularkan kebaikannya kepada kelompok warga lain yang perlu pendampingan,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Junior Williandro, Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor  : Pebri Mulya