Beranda Pendidikan Prospeka Bekal Calon Guru Profesional

Prospeka Bekal Calon Guru Profesional

0
Prospeka Bekal Calon Guru Profesional
TURUT SERTA : Para Dosen, pengurus yayasan dan civitas akademika STKIP Arrahmaniyah mengikuti giat Prospeka. FOTO : STKIP ARRAHMANIYAH FOR RADAR DEPOK
TURUT SERTA : Para Dosen, pengurus yayasan dan civitas akademika STKIP Arrahmaniyah mengikuti giat Prospeka. FOTO : STKIP ARRAHMANIYAH FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ratusan mahasiswa mengikuti Proses Pengenalan Kampus (Prospeka) STKIP Arrahmaniyah Kota Depok Tahun Ajaran 2019-2020, Sabtu (2/11).

Ketua Umum YPI Arrahmaniyah, KH. Abudin Somad menuturkan, Prospeka tahun ini menekankan pentingnya menjadi calon pendidik profesional, dan pendidikan karakter. Mahasiswa harus mempunyai perilaku yang bagus dan baik, serta bisa dijadikan contoh tauladan.

“Bagaimana pun juga, pada akhir kegiatan prospeka ini mahasiswa akan menjadi guru profesional,” ungkapnya.

Profesional dan pendidikan karakter yang dimaksud yaitu sikap yang terkait moral, akhlak, dan kinerja. Diharapkan para pelatih, tutor, dan penatar dalam melaksanakan prospeka ini agar mengarahkan mahasiswa kepada pendidikan karakter yang mempunyai sikap berakhlakul karimah.

Senada, Ketua STKIP Arrahmaniyah Kota Depok, H. Memed Karmedi mengatakan, prospeka ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa. Meski prospeka hanya pengenalan kampus, ia menilai mahasiswa belum mendalami sepenuhnya tentang STKIP Arrahmaniyah.

“Poin penting dari prospeka yaitu mahasiswa harus menjadi orang yang bisa dicontoh dan diteladani. Apalagi mahasiswa ini nantinya menjadi guru profesional,” tutur Memed kepada Radar Depok.

Ketua Pelaksana Prospeka 2019, Muhammad Nurdin menyatakan, total mahasiswa yang ikut dalam prospeka tahun ini mencapai 600 orang, mulai dari mahasiswa baru ditambah dengan mahasiswa semester II dan III yang belum mengikuti Prospeka.

“Tema yang diusung membangkitkan kreativitas dan profesionalisme guru. Targetnya menambah wawasan, terutama wawasan kebangsaan dengan Pancasila dan UUD 1945. Materi yang dimasukan terkait pengenalan profil kampus maupun kelembagaan STKIP Arrahmaniyah,” terang Nurdin.

 

PROSPEKA : (kiri) Ketua Umum YPI Arrahmaniyah Kota Depok, KH Abudin Somad sedang menyampaikan materi dalam kegiatan Proses Pengenalan Kampus (Prospeka) STKIP Arrahmaniyah Kota Depok Tahun Ajaran 2019-2020, Sabtu (2/11). FOTO : STKIP ARRAHMANIYAH FOR RADAR DEPOK

 

Sementara itu, Puket 3 Bidang Kemahasiswaan STKIP Arrahmaniyah, Moch Djohani menilai, indikasi mahasiswa yang aktif adalah yang selalu meningkatkan kemampuan literasinya, minat membaca yang tinggi terhadap literatur akademiknya, hingga mampu menuangkan buah pikirannya dalam karya tulis.

“Pada akhirnya memiliki kemampuan daya kritis yang tinggi, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai akhlakul karimah. Selain itu mahasiswa mampu melakukan pengembangan diri baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus, sebagai pengejewantahan Tridharmanya,” tutup Djohani.

Tampak hadir Puket 2 Ahmad Fakhri, Pengurus Yayasan H. Ujang, Sekretaris Yayasan H. Moch Abduh, Dosen DPK STKIP Arrahmaniyah Hesti Mustika Ati, Topik Lubis, BAUM Mufti Ali, Kaprodi PPKn Ahmad Drajat, Kaprodi Pendidikan Biologi H. Moh Rais, dan seluruh civitas akademika STKIP Arrahmaniyah. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya