Beranda Metropolis Sekolah dari Inggris Belajar ke SMAN 6 Depok

Sekolah dari Inggris Belajar ke SMAN 6 Depok

0
Sekolah dari Inggris Belajar ke SMAN 6 Depok
KUNJUNGAN : Guru-guru dari SMAN 6 Depok berfoto bersama dengan perwakilan dari Birmingham City Council and Stockland Green School England, Selasa (05/11). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
KUNJUNGAN : Guru-guru dari SMAN 6 Depok berfoto bersama dengan perwakilan dari Birmingham City Council and Stockland Green School England, Selasa (05/11). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMAN 6 Depok kedatangan tamu spesial, mereka adalah delegasi dari Birmingham City Council and Stockland Green School England. Sebanyak enam orang dari negara Monarki tersebut, datang ke SMAN yang berlokasi di Jalan Limo Raya, Kecamatan Limo dalam rangka program School to School yang difasilitasi oleh British Council Jakarta, kerjasama antara Birmingham City Council dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tamu undangan tersebut datang ke SMAN 6 Depok sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka disambut dengan siswa dari Tim Marawis, lalu ada juga kesenian degung. Tidak berhenti disana, ada juga penampilan tari tradisional yang dibawakan oleh siswa, yakni Tari Goyang Ngamprok yang merupakan tari kreasi adaptasi dari tari Betawi, lalu ada juga Tari Ratoe Jaroe yang semuanya dibawakan oleh siswa.

Bahkan ada juga penampilan ekstrakulikuler (ekskul) pencak silat yang ditampilkan dua siswa. Lanjut ada penampilan siswa paduan suara yang membawakan lagu Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Inggris.

Koordinator Program School to School di SMAN 6 Depok, Setyowati mengatakan, dalam program tersebut siswa dan guru akan berinteraksi dan berkolaborasi dalam pembelajaran di kelas, baik secara online maupun offline. Jadi, saling tukar informasi tentang sistem pendidikan, toleransi, seni, budaya kedua negara serta menjalin persahabatan dan jaringan internasional sebagai bagian dari warga Global Citizenship.

“Ada tujuh sekolah yang terlibat, yakni lima sekolah swasta dan dua sekolah negeri. Sekolah negerinya, ada MAN IC dan SMAN 6 Depok,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (05/11).

Setyowati menuturkan, Program School to School akan berlangsung sampai Maret 2020, dan nantinya diharapkan bisa ada kesempatan untuk ada pertukaran pelajar antar kedua negara.

Kelanjutan dari program tersebut, pada Februari 2020, akan ada 10 siswa dari Stockland Green School England yang akan menjalankan program Homestay. Dimana, siswa-siswa tersebut akan tinggal di rumah siswa SMAN 6 Depok selama lima hari. Siswa dari Inggris tersebut akan berinteraksi dan ikut pembelajaran di kelas.

“Total ada empat guru bahasa yang berkolaborasi di SMAN 6 Depok melalui program tersebut, Semoga bisa menjadi jaringan dunia pendidikan untuk pengembangan kualitas,” jelasnya.

 

TAMPIL : Siswa-siswa yang tampil dalam penyambutan perwakilan dari Birmingham City Council and Stockland Green School England berfoto bersama, Selasa (05/11). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

Sementara itu, Kepala KCD Pendidikan Wilayah II Jawa Barat, Aang Karyana mengatakan, ini adalah program yang sangat baik untuk memajukan dunia pendidikan. Karena, bisa bertukar informasi dan pengetahuan tentang dunia pendidikan dari negara lain. Oleh karena itu, SMAN 6 Depok harus bisa memanfaatkan secara maksimal program antar negara, tentunya untuk hal-hal positif yang bisa diterapkan di sekolah.

“Semoga berkelanjutan sampai pertukaran pelajar, sehingga bisa menambah pengalaman siswa ke negara lain,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya