Kepala Disdukcapil Kota Depok
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.
Kepala Disdukcapil Kota Depok
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.

 

Dasar Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada serentak 2020, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru akan menyerahkan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) pada Februari tahun depan.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM – DP4 nanti disampaikan bulan Februari dari Kemendagri ke KPU pusat, setelah itu baru disampaikan ke KPU daerah.

Untuk penambahannya sendiri, belum diketahui angkanya. Sebab, nantinya mekanismenya data kependudukan dari daerah dikumpulkan di pusat, kemudian, dikonsolidasikan di Kemendagri. Lalu diserahkan ke KPU untuk dimutakhirkan menjadi DPT.

“Bukan daerah yang menyerahkan ke KPUD masing-masing. DP4 itu kan merupakan data yang nantinya akan menjadi dasar Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau DPT Pilkada Depok 2020,” papar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir.

Seperti diketahui 2020 mendatang akan kembali digelar Pilkada serentak di 270 daerah. Dimana terdiri atas 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Kota Depok, termasuk kota yang menghelat pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 23 September mendatang.

Pada Pemilu 2019 DPT Kota Depok 1.309.338 pemilih. Sementara, bagi yang ingin mendaftar lewat jalur perseorangan atau independen, KPU Kota Depok telah menetapkan jumlah minimal dukungan bagi jalur perseorangan, yakni 85.107 pendukung.

Jumlah tersebut didapat dari DPT dalam Pemilu terakhir 1.309.338 pemilih, sehingga pengalihnya sesuai undang-undang adalah sebesar 6,5 persen. Jadi, jumlah dukungan minimal calon pasangan perseorangan sebesar 6,5 persen dikalikan 1.309.338 didapat angka 85.106,97 pendukung yang dibulatkan menjadi 85.107 dukungan.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan surat dukungan dengan melampirkan copy KTP. Dan harus tersebar di minimal enam kecamatan. (*)

Editor : Pebri Mulya