Beranda Politika Sosialisasi Pilkada Lewat Pantun Ala KPU

Sosialisasi Pilkada Lewat Pantun Ala KPU

0
Sosialisasi Pilkada Lewat Pantun Ala KPU
KREATIF : Ketua KPU Kota Depok menunjukan gawainya yang menyosialisasikan Pilkada Depok 2020 melalui status WhatsApp. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
KREATIF : Ketua KPU Kota Depok menunjukan gawainya yang menyosialisasikan Pilkada Depok 2020 melalui status WhatsApp. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menggugah kesadaran dan kepedulian warga akan pentingnya pesta demokrasi. KPU Kota Depok memiliki cara kreatif dan unik dalam menyosialisasikan Pilkada Depok yang akan dihelat Rabu 23 September 2020.

Pasalnya, lembaga penyelenggara Pemilu yang diketuai Nana Shobarna ini kerap membuat tulisan dengan latar tertentu atau pantun yang berhubungan dengan Pilkada Depok 2020, serta diunggah ke berbagai sosial media serta aplikasi jejaring sosial, seperti WhatsApp.

“Ya, kalau itu, salah satu cara kami untuk menggaungkan Pilkada Depok 2020, tujuannya tentu agar masyarakat semakin aware bahwa Depok sebentar lagi kembali melaksanakan pesta demokrasi, yakni memilih Walikota dan Wakil Walikota Depok,” kata Nana kepada Radar Depok, Rabu (6/11).

Ia menjelaskan, bahan untuk sosialisasi diambil dari grup KPU Jabar, mau pun dibuat sendiri oleh staf sekretariat. Nantinya, desain yang sudah jadi, langsung di share ke grup KPU Depok dan diunggah ke media sosial masing-masing, maupun dijadikan status WhatsApp.

“Contohnya, sekarang kan lagi ngetrend soal kopi, kita cari gambar secangkir kopi, kemudian di dalam cangkir yang masih ada kopinya ditambahkan kata Sukseskan Pilkada Depok 2020, Ingat Pilkada Depok Rabu 23 September 2020 dan banyak lagi,” paparnya.

Bahkan, sambung Nana, dirinya pun tidak segan mencari dokumentasi pribadinya ketika berlibur ke suatu daerah atau destinasi wisata terkenal, kemudian digabungkan dengan kalimat yang berisi seruan untuk berpartisipasi di Pilkada.

“Contohnya lagi nih, ada foto saya waktu berlibur ke Bromo, saya bikin tulisan,  abang none, ncang ncing, nyak babe, ingetin ya tanggal 23 September 2020, kita milih Walikota ama Wakil Walikota, ayo dah bareng-bareng kita sambut Pilkada Depok dengan gembira. Itu Ketua KPU Kota Depok lagi berdiri pakai kacamata dan kupluk, pokoknya ganteng dah,” tutur Nana sambil tertawa.

Tidak hanya itu, Nana menambahkan, distatusnya pun ia membuat pantun khusus Pilkada, seperti ‘Ada Paya ama pisang gepok, di warung Mpok Ira, ayo semua warga Kota Depok, sambut Pilkada Dengan Gembira. “Latarnya Ketua KPU Kota Depok yang lagi pake kopiah hitam sambil tersenyum. Itu ganteng juga kata istri saya,” ucap Nana kembali tertawa.

Namun, Nana melanjutkan, tujuan dari membuat semua itu adalah sosialisasi dengan cara yang bisa dilakukan KPU Kota Depok. Sehingga, nantinya masyarakat akan terbiasa dan hafal hari pencoblosan dimana mereka yang telah memiliki hak pilih menggunakan suaranya.

“Ini sih baru dari KPU Depok, staf. Setelah terbentuk PPK, PPS dan KPPS, mereka akan memasang juga. Bahkan, bisa juga kami menggandeng pemilih milenial, seperti di sekolah, meminta mereka memasang status terkait Pilkada,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya