RW ramah anak di Kelurahan Beji
PROGRAM : Deklarasi RW Ramah Anak yang dibacakan serentak oleh 17 Ketua RW bersama Lurah Beji. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK
RW ramah anak di Kelurahan Beji
PROGRAM : Deklarasi RW Ramah Anak yang dibacakan serentak oleh 17 Ketua RW bersama Lurah Beji. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

 RADARDEPOK.COM, BEJI Kelurahan Beji wujudkan RW yang ramah anak lewat kegiatan sosialisasi di Kantor Kelurahan/Kecamatan Beji, Rabu (18/12).

Kegiatan yang dinamakan ‘Sosialisasi dan Pembentukan Kelurahan Layak Anak serta Deklarasi RW Ramah Anak’ bertujuan untuk mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Kecamatan Beji, Hendar Fradesa, yang berpesan agar tetap berkoordinasi dengan pemerintah untuk kepentingan pengumpulan data sekaligus pembinaan dalam mewujudkan RW Ramah Anak.

MenurutLurah Beji, Waryono,  dari 17 RW terdapat 10 RW yang dideklarasikan sebagai RW Ramah Anak dan sisanya akan menyusul. Semuanya bergantung pada ketahanan keluarga. Dalam pernyataan deklarasi yang dibacakan serentak oleh para ketua RW. Dimana deklarasinya menekankan untuk mendukung program RW Ramah Anak dan dapat saling berkerjasama.

“Saya mengharapkan seluruh RW di Beji akan menjadi RW Ramah Anak pada tahun 2020,” ujarnya. Waryono juga menambahkan, “Dengan adanya program ini, maka kasus-kasus, seperti pernikahan yang terlalu dini dan kasus kekerasan dapat dicegah,” lanjutnya.

Waryono beri contoh saat maraknya kasus korban gigitan ular kobra. Menurutnya, jika program ini dijalankan, maka anak sejak dini dapat divaksin pencegahan atau kekebalan sehingga efek gigitan tersebut dapat diminimalisir.

Dalam kegiatan tersebut, Kabid Tumbuh Kembang Anak dan Pengembangan Kota Layak Anak di Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Yulia Oktavia, mengimbau agar deklarasi yang telah dibaca seluruh ketua RW tidak hanya dibaca bentuk fisiknya saja, tetapi dimaknai dan dilaksanakan dengan baik. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)