Beranda Politika 94 Ribu Warga Depok Belum Punya E-KTP

94 Ribu Warga Depok Belum Punya E-KTP

0
94 Ribu Warga Depok Belum Punya E-KTP
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir mengungkapkan, hingga November 2019, warga Depok yang sudah melakukan perekaman dan penggantian KTP Baru, Kebutuhan blanko E-KTP 94 ribu. Namun, di 2020 seluruhnya akan diselesaikan.

“Itu yang belum tercetak KTP-nya,” tutur Munir saat menghadiri agenda Bawaslu Kota Depok, Rabu (18/12).

Dari jumlah tersebut, kata Munir, Disdukcapil Kota Depok mengeluarkan surat keterangan (Suket). Namun, seiring dengan ketersediaan blanko yang didistribusikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, ia mendapat informasi akan dicetak di Januari.

“Insya Allah di Januari akan kami cetak semuanya. Sehingga, sudah tidak ada lagi Suket, itu harapannya,” kata Munir.

Kendati demikian, sambung mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok ini, pihaknya belum mendapatkan surat edaran dari Kemendagri terkait penggunaan Suket. Sebab, concern saat ini adalah menyelesaikan pencetakan E-KTP.

“Suket itu karena  keterbatasan blanko saja kemarin, maka surat edaran itu dikeluarkan. Tapi insya Allah di 2020 kebutuhan blanko di Kota Depok bisa terpenuhi. Mudah-mudahan tidak dikeluarkan lagi Suketnya,” sambung Munir.

Menurutnya, hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi Disdukcapil Kota Depok yang harus diselesaikan sebelum Pilkada dan tidak menerbitkan Suket kembali. Sebab, saat ini sistem penerbitan KTP-el sudah bagus.

“Jadi, rekam hari ini, beberapa menit kemudian sudah bisa keluar KTP-el , berbeda dengan dulu. Tapi sepanjang jaringannya bagus dan blankonya tersedia,” pungkas Munir. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)