Beranda Satelit Depok AIKD Targetkan Kenaikan Omset Anggotanya

AIKD Targetkan Kenaikan Omset Anggotanya

0
AIKD Targetkan Kenaikan Omset Anggotanya
KEGIATAN : Pelaksanaan Musyawarah Daerah Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), yang dilaksanakan di Gedung Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Rabu (18/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD)
KEGIATAN : Pelaksanaan Musyawarah Daerah Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), yang dilaksanakan di Gedung Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Rabu (18/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Dalam Musyawarah Daerah (Musda) di Gedung Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Rabu (18/12), Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) akan kembangkan industri kreatif dan  menargetkan kenaikan omset seluruh anggotanya.

Ketua Umum AIKD, Markiat mengungkapkan, AIKD merupakan binaan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok yang memiliki konsep dalam mengembangkan industri kreatif yang terdiri dari enam subsektor, yaitu, Craft, kuliner, fashion, IT, fotografi dan desain.

“Progres keanggotan AIKD juga terus meningkat setiap tahunnya,baik dari jumlah anggota, omset maupun grafik kegiatan yang dilaksanakan. Kegitan yang sudah kami laukukan sekitar 172 kegiatan dalam setahunnya, berarti dalam satu bulan terdapat empat sampai enam kegiatan,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (18/12).

Markiat menjelaskan, jumlah peserta AIKD terdapat 433 anggota, dari 11 kecamatan di Kota Depok, di mana pihaknya terus melakukan pendampingan, seperti merapikan desain, legalitas, perizinan serta target omset yang harus meningkat.

“Untuk yang bergerak dibidang kuliner, alhamdulillah anggota kami sudah meiliki legalitas dan perizinan yang lengkap, sehingga akan aman,”  jelasnya.

Di tahun 2020, ia menargetkan seluruh anggota AIKD hatrus memiliki peningkatan dalam hal omset atau pendapatan.

“Kami akan melakukan study banding dan mengadakan gebyar kreatifitas di tahun 2020 mendatang,” pungkasnya

Sementara, Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi dalam sambutannya mengaku bangga karena AIKD berada di wilayahnya. Untuk itu, ia berharap agar AIKD dapat mendukung program Pemkot Depok dan Kecamatan Sukmajaya.

“Kami di kecamatan pun memiliki kewajiban, baik dari pelayanan masyarakat, pemberdayaan masyarakat maupun dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Untuk itu, kami sanagt berharap, AIKD dan Pemerintah Sukmajaya dapat melakukan inovasi dan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru,” ucap Tito

Di tempat yang sama, Ketua panitia penyelenggaraan Musda AIKD, Cahyadi mengungkapkan, dengan terpilihnya Ketua Umum AIKD sebagai pertahana, Markiyat periode 2019-2022 dapat semakin erat kerjasama AIKD sebagi mitra pendamping Dinas Indag.

“Sebagai binaan Indag, diharapkan dapat memaksimalkan kapitalisasi usaha anggotanya, agar menjadi semakin besar dan menjadi bagian unggulan Kota Depok yang Inovatif dan berdaya saing,” ucap Cahyadi.

Agenda ini, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Depok,  T.M Yusufsyah Putra, Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Kota Depok, Kania Parwanti, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan serta anggota AIKD. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)