Asupan Penting untuk Masa Golden Age

In Ruang Publik

 

Oleh: Sevira Rachmawati

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKES – IMA)

01160000021

 

PENTINGNYA para orang tua tahu masa golden age anak. Masa golden age adalah masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa golden age, anak mengalami pertumbuhan otak yang pesat sekali.

Oleh karena itu orang tua perlu memperhatikan asupan makanan anak pada masa ini agar proses pertumbuhan anak sempurna, sebab kekurangan gizi pada masa ini tidak akan bisa diperbaiki. 1000 hari pertama kehidupan apabila dirinci adalah masa dalam kandungan 270 hari, usia 0-6 bulan 180 hari, dan usia 7-18 bulan 550 hari sehingga totalnya = 1000 hari. Oleh karena itu pemberian asupan gizi yang baik sejak kandungan akan membantu anak menjalani kehidupannya kelak.

Pada masa kehamilan (bayi dalam kandungan) penting bagi ibu hamil mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung omega 3, asam folat, protein, zat besi, dan antioksidan. Sebab makanan yang mengandung omega 3 akan membantu perkembangan saraf dan neuron bayi dengan maksimal, sehingga bayi lahir sehat dan cerdas. Asam folat juga berperan penting dalam perkembangan dan kesehatan janin untuk meningkatkan kecerdasan bayi.    Protein juga tak kalah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel, termasuk perkembangan sel otak. Zat besi dapat mencegah anemia pada ibu hamil, sehingga sel-sel darah merah yang tersedia dapat menyuplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi perkembangan otak janin dan kesehatan si ibu.

Selanjutnya pada masa pemberian ASI eksklusif (0-6 bulan) harus dipastikan buah hati benar-benar hanya diberikan ASI saja oleh ibu tanpa ada tambahan asupan lain, sebab pada usia ini sistem pencernaan balita belum bisa bekerja secara maksimal, sehingga belum saatnya buah hati diberikan makanan lain selain ASI. Namun, pada tahap ini penting bagi ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang sehat, sebab makanan yang dimakan oleh ibu menyusui akan sangat berpengaruh terhadap kandungan gizi pada ASI yang diberikan ibu untuk buah hatinya.       Berikut zat gizi pada makanan yang perlu dipenuhi oleh ibu menyusui diantaranya protein, lemak, zat besi, kalsium, kalium, kolin, vitamin C dan E. Protein banyak dibutuhkan untuk membantu pemulihan ibu setelah kehamilan dan persalinan. Untuk lemak sebaiknya konsumsi lemak tidak jenuh tunggal atau tidak jenuh ganda, contohnya seperti: alpukat, ikan berlemak (seperti ikan salmon), kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan minyak kanola. Zat besi kebutuhan penting bagi ibu menyusui sebab untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu setelah melahirkan. Kalsium untuk mencegah terjadinya penurunan massa tulang sementara.

Kalium untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sebab saat menyusui ibu memproduksi ASI setiap hari yang membutuhkan banyak cairan. Kolin penting untuk perkembangan otak bayi. Vitamin C dan E penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan bagi ibu dan bayi serta menjaga kesehatan otot, sistem kardiovaskular dan sistem saraf.

Terakhir saat pemberian MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Penting bagi ibu untuk memperhatikan MPASI yang diberikan untuk buah hati. Menurut Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO), MPASI yang baik harus memenuhi beberapa syarat diantaranya: kaya akan energi, protein, dan mikronutrien (terutama zat besi, seng, kalsium, folat, vitamin A dan C).

Selanjutnya makanan juga tidak boleh pedas ataupun asin, harus mudah dikonsumsi si kecil, disukai si kecil, dan terakhir tersedia dan terjangkau. Pengenalan makanan dapat dimulai dari makanan tunggal atau makanan yang hanya 1 macam saja, seperti nasi lembek atau bubur, barulah disusul dengan makanan yang dicampur contohnya seperti nasi lembek yang dicampur dengan sayuran.

Begitulah pentingnya untuk para ibu memperhatikan gizi makanan pada masa golden age untuk buah hati maupun untuk ibu sendiri. Sebab pada masa inilah pertumbuhan dan perkembangan otak anak sangat pesat sekali. Dan jika pada masa ini gizi anak tidak mencukupi, kedepannya tidak akan bisa diperbaiki. Jadi mom yuk penuhi gizi pada makanan selama masa golden age ini. (*)

You may also read!

DMC bantu wartawan depok

DMC dan JJI Beri Bantuan Wartawan Depok

SALURKAN : Depok Media Center (DMC) menyalurkan bantuan paket sembako dari Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI).

Read More...
pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...

Mobile Sliding Menu