Bahaya Mengintai di Balik Minuman Kekinian Milenial

In Ruang Publik

 

Oleh: Faqih Almubarok

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta.

01160000026

 

MINUMAN adalah zat berbentuk cair yang dapat dikonsumsi, minuman bisa disajikan secara Panas, dingin atau suhu normal. Diera saat ini Minuman sudah mengalami banyak perkembangan dan yang menjadi trend dikalangan milenial saat ini adalah minuman yang tergolong unik seperti Bobba Milk Tea, Thai Tea, Brown Sugar milk tea, Machiatto Latte, avocado coffe dan masih banyak lagi yang dapat kita temui dimana saja.

Namun dibalik kenikmatan sederet minuman diatas tahukan kamu ada bahaya yang mengintai?  Seperti dilansir dari berbagai sumber kandungan yang terdapat dalam minuman kekinian tersebut akan berbahaya bila tidak dikonsumsi secara bijak. Rata-rata dalam satu gelas Minuman  Bobba Milk Tea mengandung 20 sendok teh gula, padahal rata-rata manusia dewasa sehat hanya butuh asupan gula sebanyak 8 sendok teh perharinya tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi kelebihan kadar gula dan dapat menyebabkan Diabetes type dua.

Selain itu kandungan gula, susu dan tapioka yang terdapat dalam Bobba/Pearl juga dapat menjadi masalah terutama bagi para remaja karna dapat menimbulkan jerawat dikarenakan dapat memungkinkan bahwa kulit kita intoleran terhadap laktosa dan hormon yang terdapat dalam susu.

Kandungan buruk lainnya yang terdapat dalam segelas Bobba Milk Tea adalah terdapatnya Kalori yang berlebihan dan Lemak Jenuh. Lemak Trans/Lemak jenuh mempunyai efek buruk terhadap tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolestrol (LDL) dalam tubuh sehingga beresiko terkena penyakit stroke,jantung bahkan kematian.

Selain Bobba Milk Tea minuman yang sedang digandrungi para kaum muda saat ini adalah segala jenis minuman olahan yang mengandung Kopi. Kopi sendiri memiiki kandungan Caffein yang sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh. Namun apa jadinya jika kopi diminum secara tidak bijak? Ternyata dampak yang ditimbulkan tidak  jauh beda dengan bahaya Bobba Milk Tea.

Dilansir dari berbagai sumber jika kopi dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti detak jantung akan lebih cepat dari biasanya, Insomnia, Asam lambung meningkat, sakit kepala, tekanan darah naik, kolestrol dan risiko stroke dan serangan jantung.

Dilihat dari banyaknya dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh minuman yang sedang di gandrungi saat ini alangkah lebih baik jika kita lebih bijak lagi mengkonsumsi minuman tersebut, kita juga bisa mengurangi atau mencegah dampak negatif tersebut dengan melakukan pola hidup sehat seperti berolah raga dan diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Selain itu kita juga harus lebih menjaga higiene dan sanitasi makanan serta minuman karna bahaya yang ditimbulkan bukan hanya dapat berasal dari kandungan makanan tersebut saja namun juga dapat berasal dari faktor eksternal seperti virus dan bakteri serta kurangnya menjaga kebersihan dan kesterilan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi sehingga dapat menimbulkan bahaya atau penyakit lainnya. (*)

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu