Beranda Politika Bang IT : 10 Indikator Keberhasilan Pemimpin Daerah

Bang IT : 10 Indikator Keberhasilan Pemimpin Daerah

0
Bang IT : 10 Indikator Keberhasilan Pemimpin Daerah
Anggota DPRD Kota Depok, Imam Turidi.
Anggota DPRD Kota Depok, Imam Turidi.
Anggota DPRD Kota Depok, Imam Turidi.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tolak ukur keberhasilan pemimpin daerah, diwujudkan dengan pelayanan prima dan penyediaan fasilitas yang bermanfaat serta membantu warganya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok, Imam Turidi, untuk di Depok, setidaknya ada 10 indikator keberhasilan walikota dan wakilnya.

“10 indikator ini berkaitan dengan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat,” kata Imam Turidi kepada Radar Depok, Selasa (17/12).

Adapun 10 tolak ukur tersebut, yakni berobat gratis, pendidikan gratis, ketersediaan lapangan pekerjaan, tata kelola Margonda yang baik, perbaikan taman di jalan, ASN memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Selain itu, ambulance untuk tiap RW, rawat inap di Puskesmas, memperbanyak sekolah negeri dan kehadiran walikota yang mengayomi seluruh kalangan,” urai dewan yang juga pengusaha sukses ini.

Menurutnya, bicara dan konsen pembangunan di bidang agama banyak yang ‘kurang simpatik’. Sebab, dari pembinaan agama secara fisik tidak bisa langsung dinikmati dan tampak dibuktikan di dunia serta semua harus menunggu setelah meninggal.

“Maka menurut saya Pembangunan sektor agama cukup kita serahkan kepada ahlinya seperti Kiyai, Pendeta, Romo, tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungannya, pemerintah, dalam hal ini di daerah cukup memberi service dan pelayanan kenyamanan supaya keberlangsungan ibadah masing masing keyakinan dan agamanya berjalan aman serta nyaman,” paparnya.

Karena itu, yang dibangun harus yang jelas dan nyata dan bisa langsung dinikmati semua agama, golongan dan masyarakat Depok. Dari sini, sambung Bang IT -sapannya-, pemerintah Depok harus bisa menyajikan pelayanan kepada semua untuk menikmati hasilnya secara langsung.

“Jadi jangan dipaksakan menjadi program unggulan Walikota dan Wakil Walikota, menurut saya kurang tepat sasaran,” sambung Bang IT.

Di Depok, Bang IT menambahkan, perlu Walikota dan Wakil Walikota yang bisa bekerja untuk sosial. Sehingga, akan menjadi keniscayaan jika pemimpinya serius dan fokus memperbaiki pelayanan di bidang sosial, Depok tidak akan terus menerus jalan di tempat dalam hal perbaikan pelayanan.

“Insya Allah Depok akan makin maju dan pemimpinnya pun akan makin dicintai warganya. Simpel saja, tidak usah yang visioner, namun tidak terealisasi. Lebih baik yang simpel dan hasilnya dapat dimanfaatkan warga dan terealisasi,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)