Beranda Satelit Depok BPOM : Masyarakat Cerdas Cek KLIK

BPOM : Masyarakat Cerdas Cek KLIK

0
BPOM : Masyarakat Cerdas Cek KLIK
KEGIATAN : Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Anggota DPR RI Komisi IX Intan Fauzi, mengadakan sosialisasi tentang makanan dan obat-obatan, di aula Kelurahan Tugu, Kamis (12/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
Intan Fauzi bahas BPOM
KEGIATAN : Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Anggota DPR RI Komisi IX Intan Fauzi, mengadakan sosialisasi tentang makanan dan obat-obatan, di aula Kelurahan Tugu, Kamis (12/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Anggota DPR RI Komisi IX, Intan Fauzi mengedukasi masyarakat agar mengecek  Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa (KLIK) sebelum membeli produk. Hal tersebut dijabarkan saat menjalin komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat, di aula Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Kamis (12/12).

Direktur Pengamanan Deputi Bidang Penindakan Badan POM, Umar Faroq mengungkapkan, program yang dilakukan dari Badan POM bersama anggota DPR RI Komisi IX, Intan Fauzi untuk memberikan, edukasi kepada masyarakat.

“Karena semakin berkembangnya media informasi, perdagangan bebas, ecommers. Banyak disalahgunakan pelaku usaha. E commers memberikan makanan yang mutunya tidak terjamin, kenapa tidak terjamin, karena tidak dilaporkan kepada badan pom, khusunya untuk pangan olahan,” ungkapnya kepada Radar Depok, Kamis (12/12).

Ia mengungkapkan, bila ada kegiatan ilegal dari perusahaan atau perorangan pihaknya akan menindak tegas. Jadi,  semua butuh pengawasan yang ekstra ketat.

“Pelaku usaha yang sudah mempunyai badan hukum agar konsisten, terus melaukakan usaha secara benar. Karena, kadang-kadang fasilitasnya sudah benar, tetapi yang diperdagangkan merupakan hal-hal yang ilegal,” ungkap Umar.

Masyarakat juga diharapkan, bisa mengkonsumsi makanan, obat yang sehat dan pelaku usaha juga harus dapat mempertahankan kualitas produknya.

“Masyarakat harus cerdas dalam memilih makanan dan obat. Makanya perlu cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa (KLIK). Jika hal tersebut sudah sesuai, maka bisa dipastikan apa yang kita konsumsi akan aman,” pungkasnya.

Sementara, Anggota DPR RI Komisi IX, Intan Fauzi mengungkapkan, pengawasan obat dan makanan memang harus diperhatikan dengan ketat. Karena, saat ini banyak beredar makanan dan obat-obatan ilegal.

“Tentunya hal tersebut akan membahayakan bagi masyarakat. Untuk itu kita perlu cermat sebelum membeli sebuat makanan dan obat-obatan,” ungkapnya.

Politikus perempuan Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, agar masyarakat memperhatikan komposisi yang terkandung dalam makanan dan obat tersebut.

“Karena, saat ini memang banyak makanan olahan seperti nuget dan sosis  ayam, tetapi kandungan daging ayamnya hanya sedikit, selebihnya hanya tepung dan lainnya,” ujar Intan.

Lurah Tugu, Abdul Mutolib pun mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini. Sebab, menambah pengetahuan masyarakat terhadap pemilihan obat dan makanan yang memiliki dampak yang baik bagi dirinya.

“Kami juga punya UMKM Tugu, segala usaha yang mereka buat juga harus memberikan dampak yang baik. Nanti juga akan kita upayakan untuk dilaporkan ke Badan POM,” ucap Abdul Mutolib. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)