BPS Depok Gandeng Milenial

In Metropolis
BPS gandeng mahasiswa universitas indonesia (UI)
SOSIALISASI : Ratusan mahasiswa UI mengikuti sosialisasi Sensus 2020 oleh BPS Kota Depok di ruang Auditorium Soeria Atmadja UI. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menyongsong Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, mulai merangkul kaum milenial di kampus. Belum lama, BPS Depok menyasar Universitas Indonesia (UI). Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, BPS mengadakan kegiatan talkshow bertajuk Saatnya Millenial Mewujudkan Indonesia 4.0.

Kasi Neraca Wilaya BPS Kota Depok, Bambang Pamungkas mengatakan, saat ini dunia sedang berada di era Industri 4.0. Segala hal dilakukan melalui kecerdasan buatan yang telah didigitalisasikan, diotomatiskan, serta diintegrasikan dalam sistem kompleks yang melibatkan teknologi canggih dan big data. Ketersedian data yang tepat dan akurat menjadi salah satu tantangan menghadapi era indusri 4.0 ini.

“Data sudah menjadi harta yang sangat berharga. Tanpa data yang akurat, analisis statistik dan simulasi di dalam big data tidak akan menghasilkan sesuatu yang bermakna,” kata Bambang kepada Radar Depok di UI.

Dia mengungkapkan, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) pertama kalinya dalam sejarah Sensus Penduduk di Indonesia, akan mengadopsi era industri 4.0. SP2020 merupakan Sensus Penduduk Online pertama di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat secara aktif dan mandiri bisa memperbaiki dan mengisi datanya masing-masing. Sehingga kualitas data yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

“Metode Kombinasi juga menjadi sejarah baru tersendiri saat ini. Untuk mewujudkan Satu Data Indonesia, khususnya satu data kependudukan, maka SP2020 nanti akan menggunakan data kependudukan di database e-KTP sebagai data dasar awal,” ucapnya.

Menurut Bambang, kesuksesan pelaksanaan SP2020, agar menjadi salah satu jawaban penyediaan data kependudukan berkualitas. Demi  mendukung perwujudan Indonesia 4.0, tentunya membutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak.

“SP2020 bukan pekerjaan lembaga tertentu namun pekerjaan kita bersama. Generasi millenial sebagai generasi pengakses internet teraktif diharapkan bisa menjadi motor keberhasilan SP2020,” bebernya.

Salah satu mahasiswi UI, Monica M mengaku, harus mendukung keberhasilan SP2020. Peran generasi millenial dari SP2020 dimulai dari secara kesadaran sendiri menjadi bagian dari agen SP2020. “Mari bersama kita wujudkan Indonesia 4.0,” singkat perempuan yang tinggal di Kecamatan Pancoranmas ini.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis UI dan beberapa narasumber, seperti Kepala Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Indonesa Teguh Dartanto, Mabes SP2020 BPS RI Purnama Silalahi dan Fauzi Muttaqien, Ketua BEM UI 2019 Manik Margana Mahendra. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

walikota depok pakai masker CFD

Ini Penjelasan Walikota Depok Bisa Negatif, Meski Istrinya Positif Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...
kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...

Mobile Sliding Menu