sosialisasi hidup PHBS di Cimanggis
KEGIATAN : Sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Cimanggis, yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Harjamukti, Jumat (20/12).
sosialisasi hidup PHBS di Cimanggis
KEGIATAN : Sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Cimanggis, yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Harjamukti, Jumat (20/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Untuk mengembangkan Kota sehat, Kecamatan Cimanggis menggelar sosialisasi penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di aula Kantor Kelurahan Harjamukti, Jumat (20/12).

Kegiatan ini dihadiri Camat Cimanggis, Eman Hidayat, Seluruh Lurah Se-Kecamatan Cimanggis, LPM Harjamukti, Kepala UPT Puskesmas Cimanggis serta Ketua FKKS Cimanggis.

Dalam sambutannya Camatan Cimanggis, Eman Hidayat mengungkapkan, kegiatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ini dilakakukan untuk menjadikan Depok sebagai Kota Sehat.

“Karena, belum lama Kota Depok memperoleh penghargaan Swastisaba Wistara, untuk itu sama-sama kita menjaga kebersihan agar dapat meningkatkan kesehatan di Kota Depok,” jelasnya.

Dengan adanya persitiwa yang belum lama terjadi terkait kesehatan di Kota Depok, ia berharap agar orang tua lebih memperhatikan anaknya dan membawakan bekal setiap sekolah agar anak tidak jajan sembarangan.

“Karena, kita tidak tahu bagaimana kebersihan dari jajanan yang ada disekolah anak-anak kita. Untuk itu, diharapkan orang tua memberikan perhatian lebih serta membawakan bekal dari rumah,” tambahnya.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana mengungkapkan, PHBS bukan merupakan program yang baru, indikatornya itu bukan hal  yang sulit untuk dilakukan sehari-hari.

“Seperti hal nya cuci tangan dengan sabun, padahal itu tidak berat untuk dilakukan. Tapi bisa berdampak banyak bagi kesehatan jika tidak dilakukan,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini, untuk memberdayakan anggota rumah tangga. Yang pertama, agar mereka tahu dulu, setelah tahu maka diharapkan mampu menerapkan PHBS.

“Tak hanya itu, diharapkan masyarakat juga dapat berperan aktif dalam gerakan kesehatan dirumah sendiri. Seperti satu rumah satu jumantik, itu sangat baik sekali untuk dilaksanakan, karena setiap rumah bisa mengontrol sendiri jika terdapat jenik. Sebenarnya, tidak perlu pakai kader, itu harusnya yang punya rumah sering mengecek bak bak di kamar mandinya,” teranganya.

Karena sudah memasuki musim penghujan, ia menghimbau agar masyarakat lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, agar tidak menimbulkan bibit penyakit.

“Pada musim seperti sekarang ini, penyakit dengan mudahnya akan tersebar. Untuk itu, kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)