Beranda Satelit Depok Cipas Optimis di Lomba Kinerja dan Inovasi

Cipas Optimis di Lomba Kinerja dan Inovasi

0
Cipas Optimis di Lomba Kinerja dan Inovasi
SEMANGAT : Foto bersama, Staff Kelurahan Cisalak Pasar dengan Tim Penilai saat lomba kinerja dan inovasi, di aula kantor Kelurahan Cisalak Pasar, Rabu (18/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
lomba kinerja di kelurahan cisalak pasar
SEMANGAT : Foto bersama, Staff Kelurahan Cisalak Pasar dengan Tim Penilai saat lomba kinerja dan inovasi, di aula kantor Kelurahan Cisalak Pasar, Rabu (18/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Mewakili Kecamatan Cimanggis dalam lomba Kinerja dan Inovasi tingkat Kota Depok, Rabu (18/12), Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas) optimis meraih hasil maksimal dalam ajang tersebut.

Staff Ahli Walikota Depok Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asluah Majri yang sekaligus membuka acara ini mengaku bangga dengan inovasi Kelurahan Cisalak Pasar.

“Jika Kelurahan Cisalak Pasar menang mewakili Cimanggis, maka akan dikirim untuk ketahap selanjutnya, yaitu tingkat provinsi,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (18/12).

Lomba ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Lurah Cisalak Pasar memimpin di wilayahnya. Mekanismenya, sambung sambung mantan Camat Cinere ini ,dalam setahun kerja Lurah akan dievaluasi, seperti benar atau tidak Lurah itu turun ke lapangan serta berkolaborasi dengan masyarakat.

“Dilihat sejauh mana Lurah memimpin pelayanan publik di wilayahnya, sejauh mana potensi lokal dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat dan harus melibatkan peran serta masyarakat,” ungkapnya.

Tim penilai Kepala Bagian Pemerintahan, Setiawan mengungkapkan, ada beberapa indikator yang dijadikan penilaian Desa dan Kelurahan secara nasional berdasarkan Permendagri 81 tahun 2015.

“Yang menjadi fokus penilaiannya ada tiga indikator yang meliputi, bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan,” jelas Setiawan.

Jadi, kata dia bagaimana peran serta  Lurah Cisalak Pasar dapat bersinergi dengan masyarakat yang ada dikelurahan setempat. Berdsarkan, apa yang telah dinilai ia mengungkapkan jika kesiapan Cisalak Pasar terlihat sangat matang.

“Kelurahan Cipas sudah lumayan bagus dan bersiapan nya juga sudah matang. Pak Lurahnya juga sudah memiliki banyak pengalaman, jadi sepertinya tidak perlu diragukan lagi,” katanya.

Terkait lomba kinerja dan inovasi yang berlangsung, Lurah Cisalak Pasar, Syahruddin mengungkapkan, ada inovasi yang dijadikan sebagai program unggulannya.

“Untuk inovasi dalam pelayanan masyarakat, kami membuat program antar jemput berkas pelayanan dengan menggunkan motor dinas yang ada di Kelurahan. Kami juga menambah jam pelayanan di hari Jumat mulai pukul 17.00 sampai 21.00 setiap sebulan sekali,” tuturnya.

Selain itu, ketika masyarakat yang melakukan pelayanan kekurangan berkas, dapat melalui program berbasis IT, seperti via Whatsapp, Facebook serta Instagram. Tak sampai di situ saja, ia juga mengangkat destinasi wisata yang ada di wilayahnya.

“Kita jadikan Rumah N’desa yang terletak di RT 05/01 sebagai destinasi wisata unggulan. Kita juga berdayakan Usah Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kleurahan Cisalak Pasar,” jelas Syahruddin.

Kemudian, di Kecamatan Cimanggis baru Kelurahan Cisalak Pasar saja yang UMKM- nya sudah terorganisir dengan baik dan memiliki kepengurusan. Dengan memiliki 113 anggota.

“Dengan bermitra dengan UMKM, kami berharap dapat mengangkat perekonomian masyarakat dan kearifan lokal melalui produk yang dibuat. Kami juga sering mengadakan Car Free Day (CFD) dan bazar untuk memfasilitasi mereka,” ungkapnya.

Terkait dengan hasil yang akan dicapai, Syahruddin percaya bahwa usaha dan kerja keras tidak akan menghianati hasil.

“Kami sudah berupaya dan kerja keras dengan semaksimal mungkin, tentu kita berharap hasil yang didapat akan sesuai dengan apa yang sudah kami usahakan secara maksimal. Kami juga harus optimis bisa jadi yang terbaik,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah) 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)