Beranda Ruang Publik DAGING YANG MENGANDUNG PROTEIN TERNYATA RENTAN TERKONTAMINASI BAKTERI

DAGING YANG MENGANDUNG PROTEIN TERNYATA RENTAN TERKONTAMINASI BAKTERI

0

Oleh : FITRINIS AGUSTIANI HONDRO

 SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN INDONESIA MAJU (STIKIM)

          Kebersihan makanan merupakan sesuatu yang sangat harus kita jaga agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang menyerang tubuh kita. dimana ketika makanan tidak bersih dan tidak kita kelolah atau tidak di masak dengan baik maka makanan tersebut akan rentan terkontaminasi bakteri.

Salah makanan yang mudah terkontaminasi bakteri yaitu daging. Daging merupakan makanan yang bersumber protein bagi tubuh kita dan kesehatan kita namun daging sendiri juga mudah terkontaminasi bakteri jika tidak ditangani dengan baik.

Beberapa bakteri yang biasa nya terdapat pada daging diantarnya bakteri E. Coli, bakteri Clostridium botolinum, bakteri  Clostridium Perfringens, bakteri Salmonella, bakteri Staphylococcus aureus, dan Antraks.

Mengonsumsi daging yang telah terkontaminasi bakteri sangatlah tidak baik untuk tubuh kita dimana akan berdampak membahayakan tubuh kita dan menimbulkan munculnya berbagai penyakit ke tubuh kita di antaranya seperti Tipes, Gangguan pencernaan, Gangguan sistem saraf dan Antraks.

Di kutip dari BBC, kasus yang terjadi pada tahun 2011 seorang anak laki-laki yang berasal dari prancis berusia 10 tahun yang bernama Nolan Moittie dan 14 temannya sakit setelah memakan burger daging sapi yang telah terkontaminasi bakteri Escherichia coli. Nolan mengalami kelumpuhan dan harus menjalani beberapa kali operasi. Namun nyawanya tetap tidak bisa di selamatkan pada  hari sabtu (14/9/2019). Ia meninggal dan menjadi korban terburuk yang terinfeksi bakteri Escherichia coli pada daging sapi beku yang menyebabkan kerusakan saraf parah pada dirinya.

Dari kasus di atas harusnya kita sadari bahwa betapa berbahaya nya terinfeksi bakteri akibat dari daging yang terkontaminasi. Untuk itu kita perlu berhati-hati karna daging mentah memang pada umumnya mengandung bakteri yang merugikan, dimana sebagian hewan membawa bakteri pada usus mereka.

Perlu juga untuk kita ketahui bahwa peralatan yang kita gunakan untuk pemotongan daging juga bisa saja menjadi alasan terjadi nya kontaminasi bakteri karna alat pemotong daging yang kita gunakan tidak kita bersihkan atau dalam keadaan tidak bersih.

Dan mengolah (memasak) daging juga bisa menjadi salah satu alasan masih adanya bakteri di dalam daging. Salah satunya memasak daging setengah matang. Perlu untuk kita ketahui bahwa daging yang di masak setengah matang sangatlah tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan karna di dalam daging yang masih mentah masih mengandung bakteri.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat perlu yang namanya menghindari timbulnya berbagai penyakit akibat kontaminasi bakteri. Agar terhindar dari kontaminasi bakteri pada daging maka kita perlu untuk memisahkan daging dari seafood serta bahan makanan yang lain pada saat berbelanja, menyimpan daging , mencuci tangan dengan sabun sebelum memotong daging, mencuci alat pemotong daging, membersihkan daging hingga bersih, dan teliti pada saat memasak hingga matang. Sehingga kita pun terhindar dari berbagai macam penyakit yang di akibatkan oleh kontaminasi bakteri