Depok dapat penghargaan
BERPRESTASI: Walikota Depok Mohammad Idris memberikan hadiah berupa simbol kunci kepada Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin Nasution di lapangan Balai Kota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
Depok dapat penghargaan
BERPRESTASI : Walikota Depok Mohammad Idris memberikan hadiah berupa simbol kunci kepada Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin Nasution di lapangan Balai Kota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, dalam lomba Pasar Rakyat tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2019.

Disdagin meraih juara ke dua dalam kategori komitmen pemerintah dalam pengelolaan pasar rakyat dan juara dua dalam kategori pasar kecil yang diraih oleh Pasar Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Kabid Perdagangan Disdagin, Anim mulia mengatakan, dalam lomba pasar ini pihaknya sebetulnya ikut dalam tiga kategori lomba. Namun, salah satu kategori tidak dapat penilaian maksimal.

“Sebetulnya, kita masuk dalam tiga nominasi yaitu pasar besar, pasar kecil, dan komitmen pemerintah, tetapi hanya dua yang berhasil jadi juara,” tutur Anim.

Dia mengungkapkan, penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Pemkot Depok fokus terhadap pengelolaan pasar rakyat. Terutama dalam pemberdayaan dan perhatian pada usaha mikro.

“Jadi, dalam lomba ini ada beberapa poin yang dinilai yaitu target-target pasar hingga upaya kita dalam mengkombinasikan antara pasar sebagai pusat perekonomian dan wisata guna meningkatkan persaingan dan Pasar Tugu dinilai sudah memenuhinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin Nasution menuturkan, terdapat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Pasar Tugu. Antara lain, klinik kesehatan, arena bermain anak, ruang laktasi, area merokok, hingga sarana olahraga.

“Dengan raihan penghargaan ini, Pasar Tugu juga masuk ke dalam program Pemerintah Provinsi Jabar khususnya terkait sertifikasi pasar tradisional menjadi pasar SNI,” ucapnya.

Dia menambahkan, atasan raihan tersebut pihaknya mendapatkan hadiah satu unit mobil APV. Menurutnya, mobil tersebut akan digunakan untuk keperluan operasional pasar.

“Alhamdulillah kita dapat hadiah mobil. Nanti akan digunakan untuk keperluan kegiatan di pasar ini,” bebernya.

Selain itu, keberhasilan mereka dalam lomba pasar ini juga akan dijadikan sebagai penyemangat dalam meningkatkan pelayanan kepada pengunjung yang datang ke pasar tersebut.

“Tentunya dengan keberhasilan ini kami akan lebih meningkatkan kualitas pasar ini demi kenyamanan pengunjung dan pedagang di sini,” tuturnya.

Selain itu, dia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah mendukung mereka dalam lomba pasar ini sehingga bisa mendapatkan penilaian yang baik.

“Kami berterimakasih kepada UPF Puskesmas Tugu atas layanan klinik kesehatannya dan juga Diskarpus atas pinjaman buku–bukunya,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya