Drainase Ditutup Material, Puluhan Rumah Kebanjiran

In Metropolis
banjir masuk ke dalam rumah
BANJIR : Warga yang tinggal di sisi Situ RAwa Besar harus kebanjiran, karena saluran air warga tertutup material proyek normalisasi Situ. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Normalisasi dan revitalisasi Situ Rawa Besar di Kampung Lio RW13 Kelurahan Depok, Pancoranmas ternyata berdampak buruk. Kemarin, saat hujan deras proyek bantuan DKI Jakarta itu membuat puluhan rumah kebanjiran. Keladinya, tidak ada pembuangan air yang mengalir dari jalanan ke situ, sehingga air masuk ke dalam rumah warga.

Salah satu warga yang tinggal di sisi Situ Rawa Besar, Hadi Wiharja mengatakan, semenjak berlangsungnya proyek rumahnya sudah dua kali kebanjiran. “Sudah dua kali hujan turun kami kebanjiran,” kata Hadi kepada Radar Depok.

Padahal sebelumnya, rumah dia tidak pernah kebanjiran karena ada saluran air. Namun selama proyek normalisasi dan penurapan, rumah warga selalu banjir karena saluran air tertutup material proyek.

“Proyek penurapan bikin kami rugi. Pas hujan besar air masuk ke dalam rumah. Enggak rumah saya saja, tapi banyak dan pihak kontraktor tidak bertanggungjawab,” tegasnya.

Pantauan Radar Depok, puluhan rumah yang tak jauh dari situ teredam air dari jalan yang masuk ke dalam rumah warga. Sementara berdasar keterangan Dinas PUPR Depok, pada tahun ini ada tiga situ yang mendapat bantuan dari Pemprov DKI Jakarta untuk dinormalisasi dan direvitalisasi yang meliputi Situ Rawa Besar dan Situ Peladen.

“Bantuan dari Pemprov DKI Jakarta sebagai langkah penanganan banjir di wilayah Jakarta. Sebab, air hujan dan kiriman dari Bogor bisa ditampung terlebih dahulu di situ-situ yang ada di Depok,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Depok, Dadan Rustandi.

Dadan menyebut, anggaran yang diberikan DKI Jakarta lumayan besar. Dia merinci, untuk Situ Rawa Besar mendapat dana sebesar Rp9,3 miliar. “Dana ini diperuntukan untuk penurapan dan jogging trak sebesar Rp2,6 miliar dan normalisai Rp7,1 miliar,” jelas Dadan.

Lalu untuk Situ Sawangan mendapat dana Rp13,8 miliar dengan rincian kegiatan normalisasi Rp10,8 miliar. Dan penurapan serta jalur jogging di area situ sebesar Rp3 miliar.

“Kalau untuk Situ Pladen dilakukan penataan area situ sebesar Rp1,9 miliar seperti penurapan, jogging track dan saluran,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Ridwan kamil ke depok terus

Dibutuhkan 150 Tempat untuk Vaksin 1,4 Juta Warga Depok

SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan

Read More...
Vaksin kota depok seminggu

Ditargetkan Uji Klinis Vaksin Tahap Pertama di Depok Selesai 15 Hari

SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan

Read More...
relawan pradi afifah bergerak

Relawan Pradi-Afifah Pancoranmas Aktif Bergerak

KERJA NYATA : Mamat Labet (kiri) sedang memasang spanduk pasangan Pradi-Afifah di Kecamatan Pancoranmas. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu