petugas imigrasi memeriksa
MENDATA : Petugas Imigrasi Kota Depok melakukan pendataan dan pengawasan terhadap pengungsi atau pencari suaka di komplek Kirana Gardenia, Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Kamis (5/12). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
petugas imigrasi memeriksa
MENDATA : Petugas Imigrasi Kota Depok melakukan pendataan dan pengawasan terhadap pengungsi atau pencari suaka di komplek Kirana Gardenia, Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Kamis (5/12). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok menjadi salah satu kota sebagai tujuan pencari suaka, dan pengungsi dari negara lain. Terbukti, saat ini terdapat 190 Warga Negara Asing (WNA) pencari suaka, serta pengungsi yang tinggal dan tersebar di Kota Depok.

Pada pendataan yang dilakukan tim Imigrasi, Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok, Gerry Baringin Situmeang mengaku, telah mengamankan dua orang WNA yang tingggal di Rumah Susun Lotus Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

Di antaranya, WNA asal Pantai Gading bernama George Abe atas dugaan pelanggaran izin tinggalnya melebihi batas waktu yang diberikan. Dan WNA asal Mesir, Ahmed Abdelmonen, karena tidak melaporkan perubahan alamat tempat tinggal.

“Mereka kami amankan. Namun, jika mereka melanggar dan menyalahi izin tinggal, bisa kami deportasi,” kata Gerry kepada Radar Depok.

Sementara, Kasubsi Intelijen Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kota Depok, Masjoko Ardianto Wibowo mengatakan, saat ini jumlah pengungsi yang ada di Kota Depok 134 orang, dan pencari suaka terdapat 56 orang.

“Totalnya 190 orang,” ucap Masjoko.

Ia menyebutkan, pendataan yang sudah berjalan yaitu di kawasan Bojongsari dan Cilodong. Setiap imigran wajib melakukan pendataan, selanjutnya dilaporkan ke direktorat Imigrasi.

“Mereka wajib lapor, setiap kantor Imigrasi wajib melakukan pendataan dan pengawasan,” kata Masjoko.

Sementara besar alasan mereka mencari suaka, dan ditetapkan status sebagai pengungsi lantaran kondisi negaranya yang sedang perang.

“Negara mereka perang, sehingga mencari suaka. Ada yang sudah berstatus pengungsi,” kata Masjoko.
Dia mengatakan, Indonesia hanya digunakan sebagai negara transit, sebelum para pengungsi pindah ke negara ketiga.

“Mereka di sini hanya transit, nantinya mereka akan dikirim ke egara ketiga, seperti kanada,” pungkas Masjoko. (rd)

 

Data dan Fakta WNA di Kota Depok

WNA Yang Diamankan

  1. George Abe

Asal Negara: Pantai Gading

Pelanggaran: Izin tinggal melebihi batas waktu

  1. Ahmed Abdelmonen

Asal Negara: Mesir

Pelanggaran: Tidak melaporkan perubahan alamat tempat tinggal

 

WNA di Depok :

134 Berstatus Pengungsi

56 Pencari Suaka

 

Lokasi Pendataan :

– Bojongsari

– Cilodong

Alasan Pencari Suaka Tinggal di Indonesia :

Negaranya masih dalam kondisi perang

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya