Edukasi Siswa dengan Maulid Nabi

In Pendidikan
Maulid Nabi Muhammad SAW SDN Cipayung 4
KEAGAMAAN : Guru SDN Cipayung 4 berfoto bersama dengan komite sekolah usai kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (30/11). FOTO : SDN CIPAYUNG 4 FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – SDN Cipayung 4 bekerjasama dengan komite sekolah menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, Sabtu (30/11). Pada giat tersebut ditampilkan kreativitas siswa, di antaranya hadroh, pidato dalam bahasa Arab dan Inggris, hafalan surat pendek serta doa-doa harian.

Kepala SDN Cipayung 4, Juanda menuturkan, ada juga siswa yang menjadi dai cilik tampil di panggung, Ananda Syifa siswa Kelas IV. Dalam tausiahnya Syifa menceritakan tentang Nabi Muhammad SAW dan keteladanannya.

Apa yang disampaikan Syifa tersebut benar-benar memukau teman-temannya. Acaranya dilanjutkan penyampaian tausiah dari Ustadzah Ulwiyah.

“Ratusan siswa SDN Cipayung 4 ikut serta dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, mulai dari kelas I – VI,” ucapnya kepada Radar Depok.

Juanda menjelaskan, tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah ‘Dengan Maulid Nabi, maki kita teladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari’. Maksud dari tema tersebut, agar siswa SDN Cipayung 4 bisa meniru akhlak Rasulullah dalam pergaulan sehari-hari, baik di rumah, sekolah dan dimanapun berada. Salah satunya adalah tuntunan hidup sederhana yang didukung oleh kepribadian yang tangguh, budipekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh kasih sayang dan lembut.

“Dengan menjadi siswa yang akhlak yang baik, tentunya akan berdampak pada pembentukan karakter yang akan lebih mudah diaplikasikan,” katanya.

Juanda juga menuturkan, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah buah kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa. Karena, untuk menjadikan siswa yang berkarakter harus ada peran dari orang tua juga yang berkolaborasi dengan pihak sekolah.

“Kegiatan keagamaan di sekolah sudah berjalan dengan baik, seperti adanya Salat Duha Bersama secara bergantian tiap kelas, pembacaan surat-surat pendek, latihan hadroh, dan hapalan doa-doa harian yang diadakan setiap har isecara bergantian. Itu adalah upaya dan keteguhan sekolah untuk siswa agar senantiasa melakukan pembiasaan yang baik,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu