Beranda Politika Efektifkan Daur Ulang Sampah dan Managemen RS

Efektifkan Daur Ulang Sampah dan Managemen RS

0
Efektifkan Daur Ulang Sampah dan Managemen RS
KERJASAMA : Komisi IV DPRD Jabar saat melakukan studi banding dengan Perusahaan SERCO Inggris. FOTO : ISTIMEWA
DPRD Provinsi jawa Barat ke luar negeri
KERJASAMA : Komisi IV DPRD Jabar saat melakukan studi banding dengan Perusahaan SERCO Inggris. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan studi banding ke Inggris untuk mengatasi masalah persampahan dan mengetahui manajemen rumah sakit yang efektif dan efisian, serta pelayanan yang terintegrasi sistem online.

Seperti yang disampaikan, Anggota Komisi IV DPRD Jabar, H.M Hasbullah Rahmad saat dihubungi Radar Depok, Selasa (17/12). Kata dia, di beberapa negara maju, masyarakatnya sudah terbiasa melakukan pemilahan sampah dengan kategori di atas. Sosialisasi intensif yang didukung dengan peraturan yang ketat menjadi latar belakang majunya sistem pengolahan sampah di negara maju.

“Bahkan, sampah tidak lagi dianggap sebelah mata karena pengolahannya sendiri sudah memiliki ekosistem yang memiliki daya tambah ekonomi,” tutur Hasbullah.

Hasil dari kunjungan tersebut, beberapa yang dapat diadopsi untuk Jabar dan khususnya Kota Depok, sampah didaur ulang menjadi menghasilkan, tidak seperti perlakuan kebanyakan masyarakat saat ini yang hanya berorientasi untuk membuang sampah.“Di sini (Inggris), sampah didaur ulang menjadi menghasilkan,” kata Bang Has -sapaannya-.

Ia melanjutkan, Rumah Sakit dengan sistem managemen seperti yang dilakukan Perusahaan SERCO sangat efektif, efisien serta seluruh pelayanannya terintegrasi dengan sistem online.

“Pelayanannya menjadi meningkat, karena seluruh sistemnya terintegrasi secara online. Ini yang perlu dilakukan di Jabar,” ucap bang Has. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)