Erick Kaget PT Pertamina Punya 142 Anak Usaha

In nasional, Utama
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir heran Pertamina punya 142 anak perusahaan. FOTO : ISTIMEWA

 

JAKARTA – Jumlah anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mencapai 142 perusahaan membuat heran Menteri BUMN, Erick Thohir.

Setelah itu, Erick pun meminta kepada jajaran direksi dan komisaris Pertamina untuk memeriksa dan memetakan sektor usaha dari 142 anak perusahaan itu.

“Saya minta juga untuk komisaris utama dan direksi utama Pertamina untuk rapat Bulan Januari 2019. Saya minta ‘mapping’ (memetakan) 142 perusahaan ini usahanya apa?,” ujar Erick ditemui di Kantor Ditjen Pajak Kemenkeu.

Erick juga memastikan akan memeriksa kondisi keuangan dari 142 anak perusahaan Pertamina itu. Dia ingin memastikan ratusan anak perusahaan ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi oknum di Pertamina.

“Terus gimana kesehatan perusahaannya? Saya juga tidak mau nanti ternyata, mohon maaf, 142 perusahaan ini hanya oknum-oknum yang akhirnya gerogoti Pertamina. Ini sudah saya minta laporan dari dirut dan komut,” ujar dia.

Sebelumnya, Erick menyatakan ingin “bersih-bersih” BUMN agar memiliki tata kelola yang baik dan mampu menerapkan efisiensi bisnis.

Selain anak usaha Pertamina, Erick sudah memiliki rencana untuk memeriksa bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN. Misalnya, mengenai BUMN yang banyak memiliki anak usaha di bidang perhotelan. Total hingga kini, ada 85 hotel yang dimiliki BUMN.

Ke depannya, bisnis-bisnis di luar bisnis inti perusahaan BUMN bakal dilebur sehingga perusahaan yang bersangkutan bisa kembali menjalankan bisnis sesuai dengan inti bisnis yang mereka miliki. (jpnn/rd)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

PGRI dan K3S bojongsari peduli

K3S SD dan PGRI Bojongsari Gelar Aksi Peduli

SOSIAL : K3S SD dan PGRI Kecamatan Bojongsari memberikan bantuan ke Kecamatan Bojongsari untuk disalurkan

Read More...
BBM pertamina baru

Belum juga Turun, Berikut Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan Malaysia

HARGA TURUN : Warga mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU kawasan Jalan

Read More...
ilustrasi tulisan dana bos

Dana BOS dan Tunjangan Guru Dipangkas Pemerintah

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah memangkas dana BOS dari Rp 54,31 miliar menjadi Rp 53,45 miliar.

Read More...

Mobile Sliding Menu