Beranda Utama Hepatitis A Serang Ketua BKD DPRD Depok

Hepatitis A Serang Ketua BKD DPRD Depok

0
Hepatitis A Serang Ketua BKD DPRD Depok
SAKIT : Ketua BKD DPRD Depok, Rezky M Noor harus menginap di RS Graha Permata Ibu, Kecamatan Beji Depok karena terserang Hepatitis A. FOTO : FAHMI/RADAR DEPOK
Ketua BKD DPRD Depok, Rezky M Noor sakit hepatitis
SAKIT : Ketua BKD DPRD Depok, Rezky M Noor harus menginap di RS Graha Permata Ibu, Kecamatan Beji Depok karena terserang Hepatitis A. FOTO : FAHMI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Penyakit Hepatitis A di Kota Depok ternyata belum juga hilang. Korban terbaru menyerang Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Depok, Rezky M Noor. Sudah empat hari, wakil rakyat tersebut harus menginap di Rumah Sakit (RS) Graha Permata Ibu, Kecamatan Beji Depok. Kuat dugaan, penyakit yang menyerang hati ini setelah sidak ke SMPN 20.

Kepada Radar Depok, Rezky M Noor mengaku, belum diketahui sejak kapan penyakit Hepatitis A menyerang. Tapi yang jelas, sejak sidak ke SMPN 20 pada November 2019 lalu badan terasa menurun. Saat sidak menurutnya, memang berinteraksi dengan banyak orang, hanya saja tidak diketahui siapa saja yang terkena Hepatitis A.

“Saat itu kondisi tubuh saya menurun, kalau tidak salah sidak 29 November,” jelasnya.

Ketika kondisi badan menurun, kata dia, tidak menggubrisnya. Rezky merasa hanya demam biasa. Hampir sepekan lebih badannya yang naik turun kondisinya baru drop Sabtu 14 Desember 2019. Di Minggu 15 Desember, akhirnya dibawa ke RS Graha Permata Ibu.

Setelah diperiksa secara intensif, dokter memastikan penyakit yang diderita positif Hepatitis A. “Terhitung dari Minggu (15/12) hingga kemarin sudah empat hari dirawat disini,” beber dewan Dapil Beji, Cinere dan Limo (BCL) ini.

Dengan adanya kejadian ini, Rezky meminta Pemkot Depok bisa terus melakukan sosialisasi atas penyakit Hepatitis A. Penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB), mesti ada upaya atau terobosan yang bisa memutuskan rantai penyakit.

“Bisa juga sidak ke sekolah atau warung kemudian diuji makanannya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Depok, Hamza mengatakan, memag betul Depok sudah masuk KLB terhadap Penyakit Hapatitis A. Apalagi, Ketua BKD DPRD Depok sepertinya terjangkit setelah sidak di SMPN 20 yang terkena Hepatitis A langsung tertular. Pemerintah Kota Depok harus ada perhatian khusus terkait pengentasan penyakit tersebut. Saat ini masyarakat butuh langkah yang kongkrit. Pemkot harus berbuat yang ada manfaatnya bagi masyarakat Depok.

“Pemkot harus ambil langkah yang kongkrit untuk penanganan dan pencegahan secara masif atas penyakit Hepatitis A,” tegasnya.

Menimpali hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita belum mengetahui kabar ini. Meski demikian, Nova mengatakan, Pemerintah Kota Depok akan menanggung biaya penangan penyakit Hepatitis A yang tengah diderita Rezky M Noor.

“Pemkot siap menanggung biaya tersebut,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya masih berjuang untuk melawan penyebaran penyakit Hepatitis A di Depok. Caranya dengan mengerahkan seluruh puskesmas di Depok untuk menggencarkan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan sesudah buang air.

“Dengan makan–makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup dapat menghindarkan kita dari penularan penyakit Hepatitis A,” bebernya.

Selain itu, ucapnya, masyarakat juga diminta untuk tidak jajan sembarangan dan terlalu lelah dalam bekerja karena akan menurunkan daya tahan tubuh. “Jangan sampai kurang istirahat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit,” pungasknya.(rd)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71), Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)