Beranda Satelit Depok Hiburan Edukasi di Matematika Ceria

Hiburan Edukasi di Matematika Ceria

0
Hiburan Edukasi di Matematika Ceria
BELAJAR : Para peserta Matematika Ceria sedang melakukan eksperimen fisika. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK
belajar di matematika ceria
BELAJAR : Para peserta Matematika Ceria sedang melakukan eksperimen fisika. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang Kota Depok tingkatkan minat anak lewat program Matematika Ceria di Taman Lembah Gurame, Kecamatan Pancoranmas, Rabu (18/12).

Kepala Divisi Pendidikan KPM, Ery Krisnaningrum menuturkan, semua kegiatanya dalam bentuk praktek eksperimen fisika maupun kimia yang dinamakan Fun Math and Science. Tujuannya untuk memvisualisasikan apa yang diajarkan di sekolah.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kerap mengalami  kesulitan dalam menangkap materi di sekolah, maka kami buatkan gambarannya seperti apa,” tambah Ery.

Ery juga berharap, saat para siswa, dalam hal ini siswa dari jenjang pendidikan SD dan SMP dapat lebih mudah menangkap materi saat di kelas berikutnya. Sebelum di Taman Lembah Gurame, kata Ery, program Matematika Ceria sudah tiga kali dilaksanakan, yaitu di Rumah Kabeda dan Universitas Indonesia.

“Kegiatan yang dilakukan selain eksperimen, ada outbond sederhana yang mengajarkan mereka menghitung kecepatan maupun debit air. Partisipannya bukan hanya dari siswa kami sendiri, ada juga dari umum dengan registrasi terlebih dahulu,” tambah Ery.

Ery menuturkan, terdapat kuota 100 siswa untuk mengikuti program tersebut, yang diselenggarakan dengan biaya seikhlasnya dari orang tua para siswa.

KPM yang sebenarnya berpusat di Bogor tersebut, juga memiliki materi ajar lain selain matematika, yakni fisika, kimia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Ada juga belajar memanah yang sudah meraih prestasi dalam ajang Indonesia Memanah, “Alhamdulillah kami membawa medali emas, perak dan perunggu,” kata Ery.

Selain materi yang diajarkan di atas, Ery menjelaskan, KPM Pusat juga mempunyai program Wisata Edukasi dimana siswa diajak berkeliling Bogor dengan sebuah becak dengan biaya seikhlasnya dari orang tua, ada pun tokoh matematika (Tomat) yang apabila siswa ingin membeli barang di Tomat harus mengerjakan beberapa soal matematika. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)