Karakter Anak di TK Islam Ummahat Daarusalam : Membuat Peraturan Bersama di Kelas Masing-masing

In Pendidikan
TK Islam Ummahat Darusallam
PERKEMBANGAN : TK Islam Ummahat Darusallam, di Perumahan Jatijajar Blok D24 No42 RT6/12 sangat peduli dengan peduli pembentukannya karakter anak. FOTO : CHRISTINE /RADAR DEPOK

 

TK Islam Ummahat Darusallam di Perumahan Jatijajar Blok D24 No42 RT6/12, tidak hanya peduli dengan pertumbuhan dan emosional anak didiknya. Tetapi juga pembentukan karakter anak.

Laporan : Christine Natalia Hermawan

RADARDEPOK.COM – TK Islam yang baru berdiri di 2019 ini hadir dengan konsep peduli perkembangan fisik, dan emosional anak dengan mengajarkan nilai-nilai agama Islam. Hal tersebut diutarakan Kepala TK Islam Ummahat Darusallam, Diana Andriani. Diana mengaku, setiap tenaga pengajar dituntut untuk menyesuaikan tindakan terhadap semua anak yang memilki karakter berbeda-beda.

“Waktu pertama kali masuk siswa kami rata-rata pendiam. Setelah kita pendekatan, melihat karakteristik anak seperti apa. Mereka pun betah di sekolah,” tutur Diana.

Hal unik lainnya, TK Islam Ummahat Darusallam melibatkan siswanya dalam membuat peraturan bersama di kelas masing-masing. Mereka menentukan apa yang tidak boleh dilakukan, selama satu semester. Setelah berunding, baru peraturan tersebut disepakati bersama dan di tulis di depan kelas dengan tanda tangan setiap anak.

Walaupun terhitung masing berdiri di Taman Kanak Kanak. Hal tersebut dilakukan pihak sekolah, untuk melatih budaya bersosialisasi sejak dini dengan teman sekitar.

Tidak hanya itu, Siswa TK A dan PAUD harus membiasakan diri  memanggil yang lebih tua dengan sebutan kaka. Dan untuk yang lebih tua haruslah membantu adik-adiknya.

Demi melatih rasa membanggakan, setiap hasil karya para siswa di pajang di depan kelas. Tujuannya agar siswa tidak merasa rendah diri dengan karyanya.

“Saya pernah mengikutsertakan siswa lomba. Dan saya tahu, semua siswa yang berlomba saat itu adalah pemenang dan mendapatkan piala, tujuannya agar anak tidak merasa sedih dan rendah diri ketika kalah,” ucap Dewi.

Dewi pun berharap, dengan pendidikan yang mengarah pada pembentukan karakter dapat menjadi bekal para siswa untuk sukses di masa depan. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Diskominfo depok

Depok Siapkan Rumah Singgah Covid-19 di Pondok Cina

TANGANI COVID-19 : Koordinator Komunikasi Publikasi Penanganan Gugus Tugas Covid 19 Kota Depok, Sidik Mulyono.

Read More...
Ridwan kamil ke depok terus

Dibutuhkan 150 Tempat untuk Vaksin 1,4 Juta Warga Depok

SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan

Read More...
Vaksin kota depok seminggu

Ditargetkan Uji Klinis Vaksin Tahap Pertama di Depok Selesai 15 Hari

SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu