Pembuatan jembatan di jembarang serong
SIMPUL KEMACETAN : Jembatan Serong yang menjadi salah satu simpul kemacetan di Jalan Raya Cipayung, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, sedang proses pembangunan, Minggu (1/12). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
Pembuatan jembatan di jembarang serong
SIMPUL KEMACETAN : Jembatan Serong yang menjadi salah satu simpul kemacetan di Jalan Raya Cipayung, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, sedang proses pembangunan, Minggu (1/12). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kedepannya, tidak akan ada lagi kendaraan mengular terlalu lama di Jalan Raya Cipayung. Pasalnya, simpul kemacetan di jalur tersebut, yakni Jembatan Serong dan Jembatan Hek akan dilakukan pelebaran secara bertahap.

“Kedua jembatan itu menjadi biang keladi kemacetan. Namun harus dibangun scara bergiliran agar tidak menggangu arus lalu lintas, sehingga menjadi gagal lelang, Insya Allah sebelum saya pensiun tahun depan sudah dibangun,” jelas Camat Cipayung, Asep Rahmat kepada Radar Depok, Minggu (1/12).

Saat ini, sambung Asep, Jembatan Serong dalam proses pembangunan, yakni dibuat jembatan baru di sebelah jembatan lama. Sehingga, memecah konsentrasi kendaraan dari kedua arah, salah satu contohnya Jembatan Pipit di daerah tanah baru.

“Kemungkinan nanti jembatan yang baru akan dilewati kendaraan dari jurusan Pitara menuju Jalan Rawadenok atau Kantor Kelurahan Cipayung. untuk jembatan lama dilalui kendaraan arus sebaliknya,” beber Asep.

Asep melanjutkan, terkait Jembatan Hek tahap perapihan di pinggiran sepanjang jembatan tersebut. salah satu penertiban dari Satpol PP beberapa waktu lalu.

“Ya salah satunya itu, kan kalau ditertibkan kondisi jalan terlihat jelas sehingga perencanaan hingga pengukuran jembatan bisa berjalan baik,” katanya.

Terkait mekanisme pembangunannya, Asep masih belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Sebab, akan dilakukan perencanaan matang sehingga bisa efektif digunakan. Namun, ia menegaskan, di akhir masa jabatannya sebagai pelayan masyarakat, dirinya ingin memaksimalkan peningkatan Jalan Raya Cipayung bisa rampung semua.

“Sehingga, nantinya tidak menjadi keluhan pengendara maupun warga,” ucap Asep.

Sebelumnya, Anggota DPRD Fraksi Gerindra Iman Yuniawan mengungkapkan, Komisi C DPRD Kota Depok meninjau ke Jembatan Serong untuk melihat langsung pembangunan dan material yang digunakan.

“Kami datang dengan pak Edi Sitorus yang menjadi Ketua Komisi C. Kami meninjauan kelengkapan sampai pengawasan yang dilakukan dari konsultan pengawas,” ungkapnya saat diwawancara.

Ia mengaku memiliki tanggung jawab atau beban moral ke warga Kecamatan Cipayung yang sudah memberikan amanah pada Pemilu 2019. Sehingga, diharapkan pembangunan jembatan tersebut dapat maksimal.

“Dengan begitu, bangunannya kokoh, bertahan lama dan tidak ada lagi kemacetan parah di Jalan Cipayung,” pungkasnya.

Diketahui pembangunan Jembatan Serong menelan APBD Kota Depok Rp2 miliar dengan pelaksana CV. Jaya Konstruksi Persada. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya