genangan air di kelurahan duren mekar
PENCEGAHAN : Salah satu lokasi genangan air Perumahan BSI RW5, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Jumat (20/12). FOTO : DICKY/RADARDEPOK
genangan air di kelurahan duren mekar
PENCEGAHAN : Salah satu lokasi genangan air Perumahan BSI RW5, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Jumat (20/12). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DURENMEKAR – Musim hujan telah tiba. Untuk meminimalisir terjadinya genangan air maupun banjir, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, telah melakukan berbagai langkah mengantisipasi dengan melakukan perbaikan saluran air maupun pembuatan turap kali.

Lurah Duren Mekar, Muhammad Sahal mengatakan, tidak dapat dipungkiri Kelurahan Duren Mekar, dahulunya kerap terjadi genangan air apabila intensitas hujan tinggi. Lokasi yang kerap terjadi yakni di Perumahan BSI RW5, akibat luapan air dari Kali Angke yang melintasi di pinggir perumahan tersebut.

“Beberapa tahun lalu memang di Perumahan BSI menjadi lokasi luapan air Kali Angke,” ujar Sahal kepada Radar Depok, Jumat (20/12).

Sahal mengungkapkan, dengan sejumlah langkah yang telah ditempuh atas kerjasama antara Pemerintah Kota Depok, pengurus lingkungan, dan LPM, lokasi tersebut tidak seperti dahulu. Dilakukannya penataan saluran air dan penurapan Kali Angke dapat meminimalisir terjadinya genangan air.

Sahal menuturkan, tidak hanya di wilayah Perumahan BSI, sejumlah wilayah lainnya telah dilakukan penataan drainase. Penataan tersebut untuk memperlancar jalannya air hujan dan dapat tertampung drainase di lingkungan masyarakat. Untuk itu, Kelurahan Duren Mekar mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat saluran air, serta tidak membuang sampah di dalam saluran.

“Kami akan terus berupaya untuk melakukan penataan drainase guna mencegah terjadinya genangan air,” tutup Sahal. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)