Komunitas Classic Muni Motor Custom : Wujudkan Motor Jadul Kembali Kinclong (2)

In Metropolis
komunitas motor klasik
CLASSIC : Muhammad Muni di bengkel miliknya di kediamannya kawasan Jalan Merapi, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Banyak hal ditemukan ketika pecinta motor jadul memodifikasi motornya. Itu pula yang terjadi di Komunitas Classic Muni Motor Custom, yang mewujudkan kembali motor lama menjadi motor yang menawan.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Bengkel-bengkel custom aliran retro sebenarnya tidak cuma melayani ubahan bentuk motor. Tapi bisa juga memperbarui kembali tampilan motor lama agar kembali kinclong. Tanpa sedikit pun mengubah bentuk.

Hal itulah yang dilakukan komunitas rongsokanku di bengkel muni Jalan M Natsir Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, terhadap salah satu Honda GL100 lansiran 1985.

Pemilik bengkel, Muhammad Muni menyatakan pada saat pertama kali tiba di bengkel, 70 persen sudah dalam kondisi rusak.

“Jadi dari mulai spackbor, jok, pelek hingga painting semua baru. Kalau mesin kita servis ringan saja,” ungkap Muni kepada Radar Depok.

Sambil mengoprek-oprek motor tua yang kusam, menurutnya, biaya yang dikenakan bengkelnya untuk restorasi GL100 mencapai Rp4-5juta, mengingat banyak asesoris yang harus diganti agar membuat tampan tampilannya.

Sambil mondar-mandir melihat kondisi motor,ia mengatakan, bengkelnya sudah sering merestorasi motor-motor lama agar kembali kinclong. Tidak cuma GL100, tapi juga CB100 yang merupakan produk keluaran tahun 1970-an.

“Kalau untuk restorasi, kebanyakan yang datang memang pemilik motor-motor tua,” tambah ayah dua orang anak ini.

Beda halnya kepada customer milenial alias muda-mudi yang kerap merubah motornya dengan tampilan terkini, misalnya japstyle, cover racer, chooper, dan masih banyak lagi. Itu pun biasanya umur tampilan motor tidak berjalan lama, mereka segera kembali merubah tampilan.

“Ganti suasana baru katanya, soal biaya kan bisa di cicil dahulu, di mulai dari bodi, lanjut ke mesin, baru terakhir asesoris,” tandasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Minggu (19/04) Tambah 327 Positif Korona, Berikut Penyebarannya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Per Minggu

Read More...
sembako murah kelurahan curug

RW1, Curug Gelar Sembako Murah

BANTU : Ketua RW1, H. Muhammad Maulana memberikan sembako murah kepada masyarakat terdampak ekonomi akibat

Read More...

Mobile Sliding Menu