KPK Awasi Pilkada, Pradi : Sah Saja

In Politika
KPK awasli pilkada depok
SAMBUTAN : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (tiga dari kiri) memberi sambutan saat menerima kunjungan Komisi II DPR RI, di Balaikota Depok, Kamis (12/12). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Munculnya wacana keterlibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemantauan hajat Pilkada mendapat respon positif. Di Depok misalnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menilai gagasan tersebut bisa membuat pesta demokrasi semakin punya integritas. Tentu juga bisa menghadirkan kepercayaan dari masyarakat tentang Pilkada yang bersih.

“Dalam rangka pencegahan (keterlibatan KPK) sah-sah saja,” ungkapnya kepada Radar Depok usai menerima kunjungan Komisi II DPR RI, di Balaikota Depok, Kamis (12/12).

Lebih lanjut, kata Pradi, bicara Pilkada, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh ASN. Hal ini berkaitan dengan netralitas. Meski dirinya menyerahkan segala urusannya sesuai aturan Undang-undang berlaku.

“Bawaslu juga sudah mengingtkan untuk ASN jangan sampai ikut politik praktis. Dilarang,” tegas Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok ini.

Ia menambahkan, Bawaslu juga sudah melarang Pemkot Depok untuk melakukan rotasi ASN di Desember. “Kami paham soal aturan itu,” terang dia.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi II DPR RI, Johan Budi mendukung penuh campur tangan KPK dalam pemilu. Mungkin bisa turut memantau soal anggaran dari APBD. Bisa pula mengawasi potensi politik uang.

Bahkan, dirinya meminta agar KPU-Bawaslu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan komisi antirasuah tersebut. Depok menjadi salah saru wilayah yang ia perhatikan. “Ini yang mau maju ini kan katanya ada wali kota, wakil wali kota. Tentu ini kami sampaikan KPU harus menjaga integritas dan netralitas,” kata Johan Budi.

Mantan Juru Bicara KPK ini menegaskan, kerjasama tersebut juga bisa dilakukan di seluruh daerah. Tak hanya Depok. “Jadi ini tidak hanya di Depok tapi di daerah lain juga bisa melakukan kerjasama dengan KPK,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

mohammad idris baju ungu

Ada 40.423 KK yang Terima Bantuan di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 40.423 Kepala

Read More...
warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Minggu (19/04) Tambah 327 Positif Korona, Berikut Penyebarannya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Per Minggu

Read More...

Mobile Sliding Menu