Beranda Politika KPU Depok Ingatkan Tahapan Krusial Pilkada

KPU Depok Ingatkan Tahapan Krusial Pilkada

0
KPU Depok Ingatkan Tahapan Krusial Pilkada
SOSIALISASI : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat berbicara dalam sosialisasi tahapan Program dan Jadwal serta Tahapan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (17/12). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
Sosialisasi KPU depok tentang pilkada
SOSIALISASI : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat berbicara dalam sosialisasi tahapan Program dan Jadwal serta Tahapan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (17/12). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

DEPOK – KPU Kota Depok menhhelat sosialisasi tahapan Program dan Jadwal serta Tahapan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (17/12). Lembaga penyelenggara Pemilu pimpinan Nana Shobarna ini, menguraikan beberapa tahapan krusial yang perlu menjadi perhatian.

Agenda tersebut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pimpinan partai dan tim bakal calon perseorangan atau independen.

“Alhamdulillah, hari ini kami melaksanakan kegiatan sosialisasi Pilkada. Ini merupakan kegiaan sosialisasi pertama untuk tahapan Pilkada Depok 2020, kata Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna kepada Radar Depok.

Ia menguraikan, dari kegiatan tersebut, KPU menghadirkan narasumber dari KPU Provinsi Jawa Barat dan Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, ada beberapa tahapan krusial yang perlu diperhatikan, diantaranya rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai 15 Januari hingga 14 Maret 2020.

Kemudian, penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 18 April hingga 20 Juli, pendaftaran calon 16-18 Juni, penetapan calon 8 Juli, masa kampanye pada 11 Juli sampai 19 September, logistik pada 11 Mei hingga 22 September.

“Puncaknya pada 23 September kita sama-sama menggunakan hak suara memilih pemimpin Kota Depok dan rekapitulasi penghitungan suara 24 September hingga 2 Oktober,” urai Nana.

Dari sini, komisioner yang ramah dan tidak pelit informasi kepada media ini mengharapkan agar seluruh warga Depok dapat mengetahui dan mencatat tanggal pencoblosan 23 September 2020, serta menggunakan hak suaranya dengan baik.

“Partisipasi masyarakat merupakan salah satu indikator dalam kesuksesan sebuah penyelenggaraan pesta demokrasi, makanya kami dari KPU mengharapkan warga agar menyambut Pilkada Depok dengan gembira dan menggunakan hak politiknya sebagai warga negara,” ucap Nana.

Dalam kegiatan ini, sambung Nana, pihaknya menegaskan bahwa KPU siap menyelenggarakan Pilkada Depok dengan tetap mengedepankan integritas, netralitas serta mengedepankan asas penyelenggara Pilkada.

“Kami tetap berprinsip penyelenggaraan pilkada akan baik dimulai dari penyelenggara yang baik, kami berharap pilkada Depok tahun 2020 mendatang dapat berjalan dengan baik, aman, damai dan sukses tanpa ekses,” pungkasnya. (rd)

 

Tahapan Krusial Pilkada Depok 2020

-Rekruitmen PPKPPS 15 Januari s/d 14 Maret

-Penyusunan DPT 18 April s/d 20 Juli

-Pendaftaran calon 16 s/d 18 Juni

-Penetapan calon 8 Juli

-Masa kampanye 11 Juli s/d 19 September

-Logistik 11 Mei s/d 22 September.

-Pencoblosan 23 September

-Rekapitulasi penghitungan suara 24 September s/d 2 Oktober

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)