Beranda Satelit Depok Ondel-Ondel Mini ala Ismawati : Dari Keresahan Banyaknya Botol Plastik, Hasilkan Jutaan Rupiah

Ondel-Ondel Mini ala Ismawati : Dari Keresahan Banyaknya Botol Plastik, Hasilkan Jutaan Rupiah

0
Ondel-Ondel Mini ala Ismawati : Dari Keresahan Banyaknya Botol Plastik, Hasilkan Jutaan Rupiah
KREATIF : Ismawati (42), yang sedang menunjukan ondel-ondel hasil produksinya yang terbuat dari limbah botol plastik. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kreasi ondel ondel mini dari botol bekas
KREATIF : Ismawati (42), yang sedang menunjukan ondel-ondel hasil produksinya yang terbuat dari limbah botol plastik. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Melihat banyaknya limbah botol plastik yang berserakan, membuat Ismawati mencari cara agar bisa dimanfaatkan kembali. Dengan kreatifitasnya, ia berhasil membuat ondel-ondel yang berbahan dasar botol plastik hingga mendapat jutaan rupaih.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Resah melihat banyaknya botol plastik yang digunakan masyarakat, dan menghasilkan limbah yang cukup luar biasa. Membuat Ismawati, wanita berusia 42 tahun berusaha cari cara untuk mengurangi limbah botol plastik.

Dengan kreatifitas yang dimiliki, di sela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, ia menyempatkan membuat ondel-ondel mini yang terbuat dari limbah botol plastik untuk diberikan kepada keponakannya.

Berawal dari situ, ternyata banyak yang melihat hasil karyanya dan banyak yang berminat. Ia kembali mencoba memproduksi untuk dipasarkan. Dan diluar dugaan, ternyata yang dibuatnya langsung laris tak menyisakan satu pun.

Melihat adanya peluang, ibu dua orang anak ini tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang menjajikan. Ia mencoba memproduksi lebih banyak dari sebelumnya, dan memasarkan lebih luas.

Melalui media sosial, ia mencoba mencoba peruntungan menjajakan ondel-ondel yang terbuat dari limbah botol plastik. Ia pun mencoba mengikuti bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di sekitaran Depok.

“Tidak punya pengalaman sama-sekali di bidang bisnis, tapi Alhamdulillah diberikan kelancaran dalam menjalaninya. Yang paling utamanya, harus mau bekerja keras dan keluar dari zona nyaman,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (19/20).

Ondel-ondel yang ia buat pun memiliki ciri khas yang membedakan dengan yang lainnya, selain menggunakan bahan dasar botol plastik ia juga menggunakan warna-warni yang menarik perhatian setiap mata yang melihatnya, ia juga mempercantik ondel-ondelnya dengan menambahkan assesoris untuk memper manis tampilan.

“Saya sama sekali tidak memiliki karyawan, jadi mengerjakan semuanya serba sendiri, itu lah yang juga menjadikan semangat bagi saya untuk mengejar apa yang diimpikan,” tambahnya.

Dalam seminggu, ia mampu memproduksi setiap hari, untuk dipasarkan secara online serta melaui bazar yang diikutinya. Ia memproduksi dirumahnya, Kelurahan Cilangkap RT 01/04.

Dengan proses yang cukup memakan wakttu. Ia pun kadang dibuat repot ketika banyaknya pesanan yang datang. Tetapi ia selalu bersyukur, karena ia tau itu merupakan semua karunia dari sang pencipta yang harus selalu disyukuri.

Omset yang dihasilkan dalam sebulannya pun, hingga mencapai jutaan rupiah. Tentu, ini sangat menguntungkan. Dengan bermodalkan kreatifitas mengolah limbah hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

“Untuk harga yang kita tawarkan cukup terjangkau, satu pasang ondel-ondel kita bandrol hanya Rp 30 ribu yang dapat dijadikan souvenir atau pajangan,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)