status CPNS Depok
MELENGKAPI BERKAS : Sejumlah peserta saat melengkapi pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS 2018, di Lantai 10, Kantor Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
status CPNS Depok
MELENGKAPI BERKAS : Sejumlah peserta saat melengkapi pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS 2018, di Lantai 10, Kantor Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Depok, saat ini masih kebingungan. Setelah Badan Kepegawian dan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, mengumumkan hasil verifikasi administrasi, Kamis (19/12). Sejumlah pelamar masih ada yang belum bisa melihat hasil kelulusannya di situs yang disediakan BKPSDM.

Salah satu peserta CPNS Kota Depok, Lulu mengaku, kebingunan akan hasil verifikasi administrasi yang tertera di situs www.bkpsdm.depok.id. Sebab di pdf pengumuman NIK miliknya tidak muncul, namun di akun pendaftaran miliknya dia dinyatakan lulus verifikasi administrasi. “Di PDF BKPSDM Kota Depok gak ada NIK saya, tapi di akun saya dinyatakan lulus,” katanya kepada Radar Depok, Jumat (20/12).

Kebingungan juga ramai di akun instagram (Ig) milik Pemkotdepok. Akun @titienmarissa misal, dia bertanya kenapa di sscn belum ada keterangan lolos tidaknya. Kalau dilihatr di situs web Pemkot Depok, alhamdulillah sudah dinyatakan lolos.

Kemudian @irdha.syakira_1228, mohon info. Akun cpns-nya belum muncul keterangan lolos atau tidak lolosnya. What sholud i do?.

Lalu, @yasinta_wjy96 menuliskan di kolom komentar instagram Pemkot Depok adanya kejanggalan dalam pengumuman hasil verifikasi. Dia meminta dinas terkait untuk mengkoreksi berbagai pertanyaan yang ada di benaknya terkait CPNS ini. Dia memepertanyakan petunjuk pendaftaran CPNS ang kurang jelas karena di revisi isinya hanya kata tetap dan tidak ada perubahan, jadwal dari pendaftaran sampai pengumuman yang kurang jelas. Karena dikeluarkan pada sore hari yang menurutnya seharusnya dilakukan di pagi hari. Selain itu, dari hasil pengumuman di web Depok tidak dicantumkan nama hanya nomor registrasi saja, kenapa web sudah menampilkan pengumuman sedangkan akun login SSCN belum ada pengumuman. Kenapa sebagian besar yang gugur di seleksi administrasi. Menurutnya, tingkat keguguran yang wajar ad di angka 10–15 persen, tapi saat ini sudah terlalu banyak yang gugur. Dia mengungkapkan bahwa hasil dari verifikasi ini merupakan sebuah lelucon.

Sementara itu, salah satu akun yang lain atas nama @rizki_ben27 mengaku, heran dia tidak lulus karena dua alasan, yaitu karena surat lima poin digabung dengan surat mengabdi dan bersedia tidak pindah, lalu scan transkrip yang dikirim tidak asli, yang pertama di surat keterangan nggak ada dibilang surat harus dibuat terpisah, Cuma lambang “+” aja jadi sedikit membingungkan. Kedua transrip yang dikirim itu asli, kalau fotocopy capnya beda ada tulisan legalisir. Ini yang asli malah ditolak, hebat ya tim verifikatornya.

Menimpali hal tersebut, Sekretaris BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati mengaku, belum tahu berapa jumlah peserta yang belum mempunyai kepastian lolos atau tidaknya. Sebab, menurutnya itu tergantung dari hasil sanggahan para peserta. “Kita tidak bisa pastikan karena masih menunggu sanggah,” bebernya kepada Radar Depok, Jumat (20/12).

Dia menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang membuka masa sanggah bagi para pelamar, yang belum memiliki kepastian lulus mulai dari 20–22 Desember ini. “Saya belum tau berapa sanggahan yang masuk ke kami,” tegasnya.

Dia menuturkan, sejak tanggal 19 Desember kemarin pihaknya sudah mengumumkan hasil verifikasi administrasi para pelamar CPNS, di instansi pemerintahan Kota Depok. Dari 10 ribu lebih pelamar yang mendaftar, dia menyatakan sebanyak 5.098 pelamar lolos verifikasi administrasi, dan 5.294 pelamar dinyatakan tidak lolos. “Bagi yang tidak puas dengan hasil ini bisa melakukan sanggah,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)