penyebrangan disabilitas jalan margonda
JALUR PENYEBERANGAN KHUSUS : Warga saat menyeberang di jalur penyeberangan khusus lansia dan disabilitas di kawasan Jalan Margonda Raya, Selasa (3/12). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
penyebrangan disabilitas jalan margonda
JALUR PENYEBERANGAN KHUSUS : Warga saat menyeberang di jalur penyeberangan khusus lansia dan disabilitas di kawasan Jalan Margonda Raya, Selasa (3/12). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Pemkot Depok terus berupaya meningkatkan bimbingan pendidikan keterampilan terhadap penyandang disabilitas.

Di antaranya bimbingan sosial dan keterampilan bagi disabilitas tuna netra, tuna rungu, dan autis, setiap tahunnya mencapai 75 orang.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos), Devi Maryori menyebutkan, kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Dinsos terpisah dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Atau sudah berjalan tiga tahun sejak 2017, dengan total binaan mencapai 225 orang.

“Bagi tuna netra kami beri pelatihan pijat, bekam, komputer, kerajinan dan membuat hantaran pengantin. Sedangkan tuna rungu dan autis diberi pelatihan stim mobil dan motor,” terang Devi kepada Radar Depok, Selasa (3/12).

Kemudian selain pelatihan dan pembinaan, Dinsos juga memberikan alat bantu bagi tuna netra berupa tongkat putih, alat bekam, serta fasilitas bantuan android berbasis suara ke Kemensos.

“Yang dirasakan manfaatnya, mereka sudah ada yang memasarkan jasa pijat lewat online,” ucapnya.

Pada pelatihan lanjutan, Dinsos bekerjasama dengan balai rehabilitasi Kemensos, serta lembaga-lembaga tertentu. Devi berharap ada penambahan sarana prasarana, seperti komputer khusus tuna netra untuk pelatihan, serta lab khusus.

“Ke depannya kami juga akan melakukan bimbingan sosial buat keluarga skalabilitas. Dan kami akan memperjuangkan hak disabilitas, persamaan hak, hingga memfasilitasi kebutuhan alat bantu, serta jaminan kesehatan dan bansos,” ujar Devi. (rd)

 

Pembinaan Disabilitas di kota Depok

Jumlah :

75 Orang per Tahun

 

Yang Dibina :

Tuna Netra

Tuna Rungu

Autis

 

Pembinaan :

Sejak 2017

 

Total Binaan :

225 Orang

 

Perhatian Lainnya :

Memberikan alat bantu atau fasilitas lainnya bagi disabilitas

 

Kerjasama :

Balai Rehabilitasi Kemensos

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya