Oleh : Mulyani Wulaningrum

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Sekilah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM )

NPM. 01160100029

 

MAKANAN jajanan…..tidak seorangpun bisa lepas darinya, apalagi anda yang suka kuliner berbagai jenis makanan yang memang dari hari kehari makin banyak variasinya ditambah dengan mengggunakan nama nama yang mengundang rasa penasaran kita ingin mencobanya. Rasa pedas yang mantab, penampilan yang menarik ditambah lagi dengan harga yang terjangkau merupakan kombinasi yang lengkap persyaratan makanan jajanan. Di Indonesia, pada umumnya setiap makanan jajanan dapat dengan leluasa beredar dan dijual tanpa harus terlebih dahulu melalui kontrol kualitas dan kontrol keselamatan. Tapi pernah kah terpikir mengenai keamanan dan kesehatan makanan jajanan tersebut…? Lalu bagaimana memilih makanan jajanan yang aman dan sehat?

Berikut beberapa tip aman ketika kita akan memilih makanan jajanan :

  1. Amati makanannya

Apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya ? Ada kemungkinan makanan yang berwarna terlalu mencolok mengandung zat pewarna yang tidak sehat dan tidak aman. Bau yang tidak sesuai dengan jenis makanannya apalagi ditambah dengan bau apek itu menandakan makanan sudah terkontaminasi oleh mikroorganisme. Kemudian pembungkus makanannya , apakah aman ? kertas bertulisan,  tintanya merupakan pencemar kimia, strerofoam dan plastic tidak aman untuk makanan panas.Terakhir amati label kadaluarsa dan kehalalan ( bila anda muslim  ) dan komposisinya jika itu makanan dalam kemasan jadi.

  1. Amati pedagangnya

Apabila kita membeli makanan yang fresh atau pesan baru dimasak ditempat, Sambil mengantri kita bisa mengamati bahan-bahan yang dipakai, cara pedagangnya memasak, dan cara penyajiannya. Bahan makanan yang baik tentu menghasilkan makanan yang baik, perhatikan ,pedangannya apakah sedang sakit atau tidak, berperilaku sehat ( tidak garuk-garuk saat memasak , mengupil , menyentuh anggota badan secara langsung, tidak menggunakan sarung tangan atau alat ketika menyentuh makanan matang, tidak merokok, dan lain sebagainya )

  1. Amati tempat / lokasi berjualnnya

Tempat / lokasi berjualan makanan yang bersih, jauh dari sumber pencemar (WC, tempat sampah) terlindung dari debu, lalat, kecoa, tikus tentu member nilai lebih untuk makanannya dilihat dari segi kesehatan dan keamannya.

  1. Membawa alat dan tempat makan dan minum sendiri.

Membawa tempat makan ,tempat minum dan alat makan sendiri tentu jauh lebih baik, lebih sehat, lebih aman dari pada menggunakan kemasan dari pedagang , karena kita tidak tahu kebersihan dan keamanannya, Apalagi ketika kita beli makanan jajanan yang dipinggir jalan. Dan terlebih penting lagi , juga bisa mengurangi produk sampah. Ada baiknya selalu selipkan tempat makan, tempat minum dan alat makan ukuran yang masuk dalam tas kita.

Demikian beberapa tip diantara banyak tip – tip sehat yang bisa kita lihat dan baca baik di media cetak ataupun media elektronik dan juga media sosial, semoga membuat kita lebih jeli dalam memilih makanan jajanan yang sehat dan aman. Semoga bermanfaat. (*)