Persemaian Permanen yang Menyebar 1 Juta Pohon : Dua Tahun Harus Sanggup Dipelihara

In Utama
bagi-bagi tanaman gratis
PEMBAGIAN BIBIT GRATIS : Warga membawa bibit pohon yang diberikan secara gratis di Kantor Unit KLHK, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyediakan bibit pohon gratis untuk setiap warga yang dapat diambil di 34 Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di seluruh provinsi hanya dengan membawa KTP. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

Setiap hari warga seantero Kota Depok pasti datang. Sudah menyiapkan KTP. Tujuanya hanya satu, ingin mendapatkan benih pohon secara gratis.  

Laporan : Lutfiatul Fauziah, Kota Depok

RADARDEPOK.COM – Cuaca yang mendung membuat hati terasa senang saat mengunjungi, Persemaian Permanen Cimanggis di Jalan Raya Jakarta Bogor KM 37,2. Saat memasuki gerbang, hawa segar mulai terasa. Banyaknya pepohonan besar menjadikan udara segar, betah berlama-lama disana.

Ketika sampai disana, bebas berkeliling dilahan yang luasnya 1,8 hektar. Dengan pemandangan yang cukup indah. Sejauh mata memandang, dimanjakan pula dengan banyaknya tanaman yang ada dilingkungan ini. Ditambah lagi, ada Situ Jatijajar yang keberadaannya dibawah Persemaian ini.

Saat ini Persemaian Permanen memang tengah ramai diperbincangkan dikalangan masyarakat, dan tak lupa juga di sosial media. Persemaian Permanen memberikan bibit gratis kepada masyarakat secara cuma-cuma.

Untuk mendapatkan bibit gratis, masyarakat diperlukan untuk mencantumkan jumlah, jenis bibit dan peruntukkannya. Mencantumkan identitas lengkap dan alamat, melampirkan Foto Copy KTP, mencantumkan nama dan kontak person.

Tak hanya itu, masyarakat meminta permohonan harus sanggup melaksanakan pemeliharaan tahun pertama dan tahun kedua. Setelah persyaratan yang diminta, pemohon akan menandatangani berita acara serah terima bibit.

Tak mau ada kejadian yang tidak diinginkan, dari pihak persemaian pun melakukan kunjungan ke rumah pemohon. Ini untuk pengecekan tanaman yang telah diterimanya.

“Karena takut disalahgunakan, kami lakukan monitoring. Apakah benar atau tidak tanaman yang diberikan itu ditanam,” ucap Manajer Persemaian Permanen Cimanggis, Cecep Firman Risnandar.

Dalam pantauan timnya, baik kerumah perorangan atau instansi. Hasilnya, semua ditanam sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. “Sejauh ini yang kami temui semua aman-aman saja, tidak ada yang disalahgunakan. Tetapi ada beberapa tanaman yang memang mati, dan kita lihat sendiri bangkainya,” jelasnya.

Tanaman yang diberikan, merupakan hasil produksi dari Persemaian Permanen, dengan menghasilkan 1 juta pohon dalam setiap tahunnya, yang terdiri dari jenis kayu pelindung dan MPTS atau buah-bauahan.

Di tahun 2019 ini, peminatnya sangat banyak sekali. Terutama dari perorangan yang mencapai 8 ribu orang. Sedangkan untuk pemohon dari instansi, sekolah, atau kelompok berkisar sekitar 300 ribu saja.

Untuk jenis tanaman yang dibagikan pun cukup bervariatif, sengon, meranti putih, jabon, suren, salam, kelor, tabebuya, ketapang daun, ketapang kencana, ketapang laut kayu putih, jati, beringin serta masih banyak lagi.

Selain tanaman kayu, pihaknya juga membagikan jenis tanaman buah-buahan seperti sirsak, mangga, jambu, manggis dan banyak lagi.

Saat ini, dari 1 juta pohon yang dibagikan dalam tiga minggu, tinggal tersisa kurang lebih 43 ribu pohon saja. Dan untuk jenis tanaman buah-buahan sudah tidak tersedia, karena jumlah peminatnya yang sangat tinggi.

Lokasi yang strategis, sangat berdekatan dengan Situ Jatijajar, membuatnya tak pernah kehabisan suplay air walaupun saat datangnya musim kemarau seperti kemarin. Karena kebutuhan air selalu tercukupi dan tak pernah merasakan kekeringan.

Permintaan yang cukup banyakpun, masih bisa dikendalikan oleh banyaknya jumlah petugas yang menghandle. Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan bibit pohon secara gratis, silahkan datang langsung kelokasi Persemaian dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

gerabah kuatkan arus

Sisi Lain Pilkada Depok : Gerabah Kuatkan Arus, Menangkan Pradi-Afifah

KONSOLIDASI : Pengurus dan Relawan Gerabah saat melakukan konsolidasi di Balai Sarmili Depok, Minggu (30/08)

Read More...
PKB untuk pradi

Pilkada Depok : PKB Usung Pradi-Afifah

RESMI : Bakal Calon Walikota Depok, Pradi Supriatna menerima SK Rekomendasi dari DPP PKB, di

Read More...
tangannya masuk ke penggilingan

Seram, Selama 4 Jam Pekerja Tangannya Masuk Penggilingan Daging

EVAKUASI : Petugas tengah menyelamatkan karyawan yang mengalami kecelakaan kerja, di toko milik Haji Doni,

Read More...

Mobile Sliding Menu