Beranda Utama Pesepeda Dikenalkan 23 Situ

Pesepeda Dikenalkan 23 Situ

0
Pesepeda Dikenalkan 23 Situ
WISATA: Walikota Depok Mohammad Idris berfoto bersama peserta sebelum melepas secara resmi para peserta Tour de Situ di Lapangan Balai Kota Depok, Pancoranmas, Depok, Jawa Barat (Jabar), Minggu (15/12). FOTO : ISTIMEWA
peserta sepedaan keliling situ di depok
WISATA : Walikota Depok Mohammad Idris berfoto bersama peserta sebelum melepas secara resmi para peserta Tour de Situ di Lapangan Balai Kota Depok, Pancoranmas, Depok, Jawa Barat (Jabar), Minggu (15/12). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wisata situ di Kota Depok kedepannya akan tersohor. Beberapa situ dari 23 situ yang sedang disolek, diperkenalkan saat acara Tour de Situ, Minggu (15/12). Sedikitnya 500 pesepeda mengelilingi situ yang dimulai ke Situ Pangarengan.

“Kegiatan gowes ini diharapkan, peserta melihat secara langsung keberadaan wisata di empat situ di Kota Depok. Sekaligus mengampanyekan situ yang ada di Kota Depok,” kata Walikota Depok Mohammad Idris, setelah melepas para peserta di Lapangan Balaikota Kota Depok, Minggu (15/12).

Selain promosi wisata, kegiatan olahraga ramah lingkungan di pagi hari ini (Kemarin), juga dapat bermanfaat untuk warga yang ada di sekitaran wilayah situ. Ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan wisata alam, khususnya situ, di wilayah Kota Depok. Secara bertahap 23 situ yang ada akan terus dibenahi untuk dijadikan tempat rekreasi wisata situ bagi masyarakat Kota Depok.

Walikota mengatakan, Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana, di sejumlah situ. Ini agar dapat dijadikan sebagai tempat wisata serta olahraga air, seperti dayung ataupun olahraga air lainnya.

“Bersepeda sekaligus melihat pemandangan situ-situ yang dilewati, ini akan lebih baik lagi dan peserta ikut membersihkan lingkungan situ,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, jumlah peserta diperkirakan hampir 500 orang, dari berbagai elemen masyarakat termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN). Tour de Situ memulai perjalanan dari Balaikota Depok menuju Jalan Raya Margonda, Jalan Raya Juanda, Jalan Raya Bogor, Jalan Pekapuran, menuju kawasan Situ Pengarengan.

Dari Situ Pengarengan, perjalanan berlanjut menuju Situ Cilangkap, kemudian  Situ Cilodong, dan ke arah SItu Sidamukti. Tour de Situ berakhir di Studio Alam TVRI. Selain melihat keindahan situ-situ, hutan di Studio Alam juga menarik. “Peserta juga akan di sajikan doorprize dan hiburan rakyat, yang menarik juga akan ada kuliner di sekitar studio alam TVRI,” ujar Eko.

Eko memaparkan, ke depan, olahraga dan promosi wisata akan terus digalakkan, sehingga para pesepeda serta masyarakat akan menggemari wisata alam ini.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty menyebut, ada tiga situ yang dinormalisasi dan direvitalisasi, yakni Situ Sawangan, Situ Rawa Besar, dan Situ Pladen.

Kegiatan penataan dan normalisasi ketiga situ saat ini sedang berlangsung. Situ Sawangan mendapat anggaran sebesar Rp13, 8 miliar dengan dan Situ Pladen mendapat dana sebesar Rp 1,9 miliar. Selain normalisasi juga akan ditata, ada jogging track dan penurapan. Mudah-mudahan pekerjaan penataan dan normalisasi situ bisa selesai tepat waktu.

Sementara, anggaran penataan dan normalisasi Situ Rawa Besar berasal dari dana hibah Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebesar Rp 9, 3 miliar. “Dana ini diperuntukan untuk penurapan dan jogging track sebesar Rp 2,6 miliar dan normalisai Rp 7,1 miliar,” jelasnya.

Membantu merawat dan menormalisasi situ-situ agar dapat mengantisipasi banjir di Jakarta, Pemkot Depok mendapat bantuan dana hibah dari Pemprov DKI untuk menormalisasi tiga setu sebesar Rp 24 miliar. (rd/net)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)