puskesmas cipayung punya SABU
Kepala UPT Puskesmas Cipayung, Mitha Kurniasih.
puskesmas cipayung punya SABU
Kepala UPT Puskesmas Cipayung, Mitha Kurniasih.

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kini warga Kecamatan Cipayung bisa bernafas lega menghadapi teror cobra yang belakangan ini masuk ke pemukiman. Pasalnya, Puskesmas Cipayung kini memiliki Serum Anti Bisa Ular (SABU)

“Iya kami punya, tapi kami pindahkan puskesmas pancoran mas karena disana bisa rawat inap. menggunakan serum harus obeservasi. hanya puskesmas yang rawat inap bisa observasi,” jelas Kepala UPT Puskesmas Cipayung, Mitha Kurniasih saat dikonfirmasi Radar Depok. Sabtu (22/12).

Bagi masyarakat yang terkena patukan ular, dapat melalui tatalaksana ke Puskesmas Cipayung lebih dulu untuk dirujuk ke Puskesmas rawat inap atau ke Rumah Sakit terdekat yang memiliki serum tersebut.

“Mungkin bisa menggunakan serum yang dimiliki Puskesmas Cipayung. harus lewati dulu prosedurnya agar kami di Puskesmas juga bisa mendata kondisi korban. semua ada tahapannya,” paparnya.

Ia kembali menegaskan kepada masyarakat Cipayung untuk tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar menghindari dari segala ancaman yang membahayakan diri dan keluarga.

“Pemerintah sudah merumuskan mengantisipasi semuanya itu lewat PHBS, InsyaAllah kita selalu sehat dan terjaga karena sudah bergaul dengan kesehatan,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Dinkes Kota Depok, Novarita menginformasikan  masyarakat Kota Depok bahwa serum sudah terdapat di Puskesmas-puskesmas, selain Puskesmas Tapos dan Cinere.

“Semua puskesmas sudah ada kecuali tapos sama cinere. dan 8 RS tersebar di Depok,” katanya.

Diketahui delapan Rumah Sakit yang sudah memiliki serum adalah, RSUD Depok, RSUI, RS sentra medika cisalak, Mitra Keluarga Depok, RS Meilia Cibubur, RS Bhakti Yudha, RS Tugu Ibu, dan RS HGA. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu  (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)