Raih Pengakuan Internasional SIDCER-FERCAP

In Pendidikan
Universitas indonesia (UI)
PENGHARGAAN : Komite Etik Penelitian Kedokteran Gigi FKG UI Peroleh Pengakuan Internasional SIDCER-FERCAP. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komite Etik Penelitian Kedokteran gigi (KEPKG) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), kembali meraih pengakuan internasional dari The Strategic Initiative for Developing Capacity in Ethical Review (SIDCER) – Forum for Ethical Review Committees in Asia and the Western Pacific (FERCAP).

KEPKG FKG UI menjadi satu-satunya Komisi Etik Fakultas Kedokteran Gigi di Asia Pasifik yang meraih rekognisi internasional ini.

Penyerahan sertifikat renewal SIDCER-FERCAP Recognition 2019 diberikan langsung oleh Presiden SIDCER Prof Juntra Karbwang Laothavorn kepada Ketua KEPKG FKG UI Lisa R. Amir, disaksikan Prof Anton Rahardjo dan Irwin Idrus selaku anggota KEPKG FKG UI pada 27 November 2019, di Penang, Malaysia.

“Dengan pencapaian ini, KEPKG FKG UI diakui telah berstandar internasional dan memiliki akuntibilitas di dalam penelitian kesehatan, baik itu aspek kualitas dan efektifitas telaah etik penelitian,” ungkap Ketua KEPKG FKG UI, Lisa R. Amir.

KEPKG FKG UI pertama kali mendapatkan pengakuan dari SIDCER-FERCAP pada tahun 2016. Pengakuan ini diraih berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim penilai yang berasal dari berbagai komisi etik anggota FERCAP dari luar maupun dalam negeri. Penilaian meliputi lima standar yaitu: Struktur dan komposisi komisi etik; Ketentuan Kebijalan khusus (SOP); Kelengkapan proses telaah; Paska proses telaah; Dokumentasi dan arsip. Hasil penilaian akan berlaku selama tiga tahun.

“KEPKG FKG UI merupakan satu dari sebelas komisi etik penelitian kesehatan di Indonesia yang terekognisi oleh SIDCER-FERCAP, dan satu-satunya komisi etik Fakultas Kedokteran Gigi di Asia Pasifik yang terekognisi oleh SIDCER-FERCAP,” tuturnya.

Capaian ini menjadi kebanggaan tersendiri, dengan mendapatkan pengakuan internasional, KEPKG FKG UI dapat berperan dalam meningkatkan kualitas penelitian di FKG UI menjadi lebih baik serta dapat menunjang penelitian kerjasama internasional khususnya penelitian klinis yang melibatkan manusia sebagai partisipan penelitian.

KEPKG FKG UI pertama kali dibentuk pada tanggal 27 Agustus 2003 melalui SK047/Kep./Dekan/FKG/UI/2003 dengan nama Komisi Etik Akademik Kedokteran Gigi dalam usaha untuk meningkatkan mutu penelitian dan memenuhi azas etika penelitian yaitu: otonomi, kejujuran, tidak merugikan, manfaat, dan keadilan. Pada tahun 2005, melalui SK008/Kep/Dekan/FKG-UI/2005, diadakan penggantian nama menjadi KEPKG FKG UI.

SIDCER-FERCAP merupakan inisiatif strategis global sehubungan dengan perlindungan partisipan penelitian kesehatan secara global. FERCAP merupakan Partnership Project dari World Health Organization (WHO) Special Training and Research Programme in Tropical Diseases (TDR) yang berada dalam payung Strategic Initiative for Developing Capacity in Ethical Review (SIDCER). (rd)

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

menu makanan di margo

TMH Hadirkan The Margo Delight Box 

Salah satu menu The Margo Delight Box.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Keiistimewaan dari bulan suci Ramadan sebagai

Read More...
rapid test cipayung 1

Hasil Rapid Test Forkopimcam Cipayung Negatif

PEMERIKSAAN : Salah satu Forkopimcam Cipayung saat sedang melakukan pemeriksaan Rapid Test di Puskesmas Cipayung.

Read More...
pasar sukatani saat korona

Pasar Sukatani di Tengah Pusara Covid-19 : Ikuti Peraturan, Jam 15.00 Sudah steril

GIAT : Kepala Pasar UPT Sukatani, R Arif tengah mealukan pengecekan jam operasional. FOTO :

Read More...

Mobile Sliding Menu