Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Pemkot Depok menyiapkan stok Serum Anti Bisa Ular (SABU) dalam jumlah besar. Hal ini sebagai bentuk antisipasi banyaknya temuan ular kobra di Kota Sejuta Maulid.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, serum disebar di sejumlah rumah sakit, mulai dari RSUD Kota Depok sampai ke Puskemas. Sejumlah rumah sakit swasta juga dipastikan memiliki stok juga.

Ia merincikan, di Gudang Farmasi Pemkot Depok tersedia 30 vial serum dan RSUD Kota Depok 20 vial. Kemudian sementara ini, dari 35 Puskesmas di Kota Depok, 33 diantaranya sudah tersedia SABU. Dua lagi : Puskesmas Tapos dan Cinere, masih dalam proses penyetokan.

“Dinas Kesehatan juga menyediakan,” ungkap Pradi kepada Radar Depok, Kamis (19/12).

Lalu untuk rumah sakit non pemerintah, kata Pradi, antara lain  Hasanah Grafa Afiah (satu vial), Melia (dua vial), Tugu (satu vial), Sentra Medika (lima vial), Mitra Keluarga (tiga vial), Bhakti Yudha (dua vial), RSUI (enam vial), lalu Citra Arafiq (empat vial). “Itu yang antisipasi kami siapkan,” terangnya.

Pradi menuturkan, bicara mengenai masifnya temuan kobra, nyatanya bukan terjadi di Depok saja. Dirinya menduga penyebabnya lantaran rusaknya habitat ular mematikan ini. Dulu mungkin bisa hidup di pematang sawah, kini telah tergusur. Berganti bangunan.

“Mungkin ruang habitatnya sudah tergusur. Sehingga mencari ruang habitat baru,” bebernya.

Dirinya mengimbau agar warga tetap waspada. Bisa dimulai dengan membersihkan semak-semak atau tumpukan barang tak terpakai. “Bahkan saya pernah dengar pernah muncul di tumpukan karpet masjid,” kata dia.

Selain juga, dirinya meminta kepada aparatur kecamatan dan kelurahan untuk bisa memobilisasi warganya untuk kerja bakti.

“Besok (hari ini) saya berencana akan kerja bakti bersama di beberapa titik wilayah dengan warga,” pungkasnya. (rd)

 

Kesediaan Serum Anti Bisa Ular (SABU)

Gudang Farmasi Pemkot Depok:

30 Vial Serum

 

RSUD Kota Depok:

20 Vial

 

33 Puskesmas:

Tersedia SABU

 

2 Puskesmas:

(Tapos dan Cinere)

Masih proses penyetokan

 

Dinas Kesehatan:

Tersedia

 

Rumah Sakit non Pemerintah:

RS Hasanah Grafa Afiah (1 vial)

RS Melia (2 vial)

RS Tugu (1 vial)

RS Sentra Medika (5 vial)

RS Mitra Keluarga (3 vial)

RS Bhakti Yudha (2 vial)

RSUI (6 vial)

RS Citra Arafiq (4 vial)

 

 

Jurnalis : Junior Williandro

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)