Smart City Depok Diapresiasi BPPT

In Metropolis
Smart City jalan margonda
KOTA PERCONTOHAN : Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, Jumat (27/12). Pemerintah Kota Depok memiliki teknologi smart city yang sudah dinobatkan sebagai 100 kota percontohan smart city di Indonesia. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK –  Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dinobatkan sebagai 100 kota percontohan smart city Indonesia berkat teknologi smart citynya yang dianggap cukup baik.

Hal tersebut diungkapkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) saat melakukan kunjungan ke Depok City Operation Room (DeCOR) beberapa waktu yang lalu.

Perekayasa Madya Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT, Heri Sadmono mengatakan, kedatangan mereka ke sana  untuk melihat secara langsung pengembangan tekologi yang diimplementasikan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok.

“Kunjungan ini khususnya dalam kerangkasmart city. Sebab, kami juga tengah membangun operation room,” ujar Heri belum lama ini.

Dia menilai apa yang sudah ada di DeCOR sudah bagus dengan perangkat teknologi yang lengkap. “Memang masih diperlukan penambahan substansi, sehingga manfaat yang diperoleh untuk masyarakat akan lebih optimal lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, Pemkot Depok sudah miliki Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun 119 yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Selain itu, ada pula aplikasi yang memudah masyarakat untuk pengendalian keluhan dan pelayanan masyarakat melalui Sistem Integrasi untuk Aspirasi dan Pengaduan (Sigap),” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga punya dashboard yang merupakan hasil integrase data yang sudah dimiliki ke data warehouse.

“Itu sangat penting dan setelah dianalisis bisa menjadi Decision Support System (DSS) bagi pimpinan. Selama ini, Diskominfo Kota Depok sudah berkomunikasi aktif dengan BPPT. Seperti dalam hal alih teknologi yang akan bisa diadopsi dan diimplentasikan di Kota Depok,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Vaksin kota depok seminggu

Ditargetkan Uji Klinis Vaksin Tahap Pertama di Depok Selesai 15 Hari

SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan

Read More...
relawan pradi afifah bergerak

Relawan Pradi-Afifah Pancoranmas Aktif Bergerak

KERJA NYATA : Mamat Labet (kiri) sedang memasang spanduk pasangan Pradi-Afifah di Kecamatan Pancoranmas. FOTO

Read More...
linmsa cimanggis senam bareng

60 Satlinmas Cimanggis Ikuti Senam Bersama

SEHAT : 60 anggota Satlinmas dan Satpol PP Kecamatan Cimanggis, mengikuti senam pagi di halaman

Read More...

Mobile Sliding Menu