Beranda Pendidikan SMPN 6 Jadi Juara Sekolah Ramah Anak

SMPN 6 Jadi Juara Sekolah Ramah Anak

0
SMPN 6 Jadi Juara Sekolah Ramah Anak
BERPRESTASI : Kepala SMPN 6 Depok, Sumarno (kiri) bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin usai pemberian penghargaan Sekolah Ramah Anak. FOTO : SMPN 6 DEPOK FOR RADAR DEPOK
SMPN 6 Depok jadi Sekolah Ramah Anak
BERPRESTASI : Kepala SMPN 6 Depok, Sumarno (kiri) bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin usai pemberian penghargaan Sekolah Ramah Anak. FOTO : SMPN 6 DEPOK FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMPN 6 Depok dinobatkan sebagai juara pertama dalam lomba Inovasi Sekolah Ramah Anak Kota Depok. SMPN yang berlokasi di Jalan Mandor Samin, Kecamatan Cilodong tersebut, memiliki enam program unggulan yang berkaitan dengan menuju Sekolah Ramah Anak.

Kepala SMPN 6 Depok, Sumarno mengatakan, pencapaian prestasi tersebut tentunya adalah keberhasilan dari banyak pihak mulai dari internal sekolah dan juga eksternal sekolah.

“Berkat adanya bantuan dari siswa, guru, dan orang tua siswa, akhirnya SMPN 6 menjadi juara pertama Sekolah Ramah Anak,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sumarno menjelaskan, sebagai sebuah inovasi, ada enam program yang diusung SMPN 6 Depok. Pertama ada Program Pembiasaan, yakni tiap harinya 15 menit sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), mulai dari penyambutan, kegiatan keagamaan, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Program kedua ada Kelas Sahabat Quran, ini adalah wadah untuk siswa berinteraksi dengan Alquran,” katanya.

Lalu ada Program K7, yang artinya adalah keamanan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, dan kebersihan. Itu semua menjadi suasana di lingkungan SMPN 6 Depok.

Keempat ada program 5-2-1. Itu adalah waktu siswa belajar, yakni lima jam di sekolah, lalu dilanjutkan dua jam belajar dikala malam hari, dan satu jam lagi belajar setelah bangun tidur sebelum berangkat sekolah. Program ini didukung orang tua siswa, jadi ada sinergitas yang baik di seluruh warga sekolah.

“Ada program Mantap (Nyaman, Aman, Tertib dan Beprestasi). Jadi, memberikan rasa senang kepada siswa di sekolah, dengan saling percaya dan menghargai. Lalu yang terakhir adalah Program Pengembangan Diri yang memanfaatkan ekstrakulikuler,” terangnya.

Sumarno pun akan terus mengupayakan lagi beberapa inovasi yang berkaitan dengan menuju Sekolah Ramah Anak. Mulai dari beberapa pembelajaran dan juga sarana dan prasarana sekolah. Sekarang ini di SMPN 6 Depok ada 29 ruang kelas untuk 29 rombongan belajar. Lalu untuk toilet sementara ini frekuensinya satu ruang kelas satu toilet. Sedangkan untuk jumlah guru ada 54, terdiri dari 43 guru ASN dan 11 guru honorer, serta jumlah siswa ada 1.038 anak. (rd)

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)