talkshow ketahanan keluarga
PENGETAHUAN : Komunitas Ibu Profesinal (IP) Depok menggelar Talk Show yang bertemakan ketahanan keluarga, di Gedung Administrasi RS Universitas Indonesia, Sabtu (21/12). FOTO : CHRISTINE / RADAR DEPOK
talkshow ketahanan keluarga
PENGETAHUAN : Komunitas Ibu Profesinal (IP) Depok menggelar Talk Show yang bertemakan ketahanan keluarga, di Gedung Administrasi RS Universitas Indonesia, Sabtu (21/12). FOTO : CHRISTINE / RADAR DEPOK

 

Ibu professional (IP) Depok mengadakan talk show, di Gedung Administrasi RS Universitas Indonesia. Kegiatan tersebut bertema, Peran Orang Tua Dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Pada Anak.

Laporan : Christine Natalia Hermawan, Depok

RADARDEPOK.COM – Komisi Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat, terdapat 4.885 pengaduan kasus anak sepanjag 2018. Hal tersebutlah yang membuat Ibu Profesional menghelat talkshow. Acara ini dibarengi dengan peringatan Hari Ibu dan Milad Ibu Profesional Depok ke-8.

Kegiatan dimulai pukul 08:00 WIB dan dibuka dengan  wisuda mashasiswa dari kuliah Bunda Sayang yang dikelola Institut Ibu Profesional (IIP). Para wisudawati dinyatakan lulus perkuliahan dengan pendidikan yang berlangsung 12 bulan via daring.

Kemudian pukul 09:00 WIB dilanjut dengan talkshow iteraktif yang menghadirkan pakar, diantaranya, Psikolog dan Senior Consultant PPSDM, Adriano Rusfi, serta pegiat edukasi seksusalitas anak, dr Dewi Inong.

Para pakar salah satunya Dewi cukup senang  dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa menekan kenakalan remaja, angka perceraian, seks bebas dan sebagainya. Menurut KPAI gerbang awal anak melangkah ke arah penyimpangan justru bermula dari keluarga.

“Tidak hanya seminar bertema ibu dan anak, tapi saya harap ada seminar  khusus untuk para ayah, para istri dan seminar pra nikah untuk para remaja agar mencegah seks bebas, narkoba  dan penyakit menular HIV,” tutur Dewi.

Sekretaris Regional Ibu Profesional, Sheila Ulfia Putri amengatakan, talk show tersebut juga salah satu bentuk medukung kebijakan Pemeritah Daerah Kota Depok, perihal Kota Ramah Anak.

Talkshow dihadiri sekitar 200 orang tua dari Depok dan sekitarnya. Banyak  peserta yang bertanya pada pakar yang hadir. Bagi para orang tua yang membawa buah hatinya. Panitia telah menyiapakan playground untuk anak-anak.

Pukul 12:00 WIB kegiatan pun usai, dan kegiatan ditutup dengan pemberian bingkisan kepada pakar tamu. Sejumlah peserta seperti datang pertama dan kostum terbaik tak luput dapat hadiah. Tidak lupa para peserta mengunjungi produk  makanan dan minuman UMKM Kota Depok. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)