Taman Baca Masyarakat (TBM) Kedaung  : Ciptakan Buku, Ingin Literasi Menyebar di Depok (3-Habis)

In Metropolis
TBM Kedaung, kecamatan sawangan
CIPTAKAN : Seminar literasi bersama sejumlah tokoh Kota Depok di TBM Kedaung, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu. FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

Pengurus TBM Kedaung tidak hanya sekedar memberikan ruang kepada anak, untuk belajar dan membaca. Pengurus juga berhasil membuat karya tulis dengan menelurkan sebuah buku hasil gagasan pengurus TBM. Kedepannya, TBM Kedaung ingin menyebar luaskan dunia literasi di Kota Depok.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

RADARDEPOK.COM – Sambil melihat rak buku yang dijadikan tempat untuk penyimpanan buku. Terlihat sebuah buku berjudul TBK Punya Karya menarik Radar Depok, ingin mengetahui lebih dalam isi dari buku tersebut.

Sambil memegang buku, Ketua TBM Kedaung, Baldan Fathullah mengatakan, buku berjudul TBK Punya Karya merupakan buku ciptaan dari pengurus TBM Kedaung. Buku tersebut berisikan gagasan pengurus TBM Kedaung, tentang literasi dan taman baca di lingkungan masyarakat.

“Kami menumpahkan segala gagasan dalam sebuah buku,” ujar Baldan sambil memperlihatkan buku tersebut.

Baldan mengungkapkan, buku tersebut di tulis dalam jangka waktu selama satu minggu. Namun dalam penerbitannya, dia mengakui mengalami keterlambatan pada proses penerbitan. Baldan tidak ingin, pengurus TBM Kedaung hanya sekedar melakukan pengelolaan maupun menjadikan TBM sebagai komoditi untuk di eksploitasi.

Untuk itu, sambung pria yang dikenal bersahaja tersebut, mengajak pengurus TBM Kedaung menciptakan sebuah buku hasil dari pemikiran anggota, khususnya dalam melakukan pengelolaan TBM dan literasi kepada masyarakat. Pembuatan buku tersebut sebagai bentuk output anggota TBM Kedaung dalam membentuk karya tulis yang dituangkan dalam sebuah buku.

“Secara tidak langsung anggota TBM Kedaung menghasilkan karya sebagai pengalaman awal di dunia literasi,” terang Baldan.

Baldan menginginkan, semangat pengurus TBM Kedaung dapat dimaksimalkan untuk menyebarluaskan dunia literasi di Kota Depok. Khususnya di Kelurahan Kedaung maupun Kecamatan Sawangan. Baldan selalu mengingatkan kepada anggota maupun anak didik TBM Kedaung untuk gemar membaca.

“Membaca merupakan jendala dunia dan banyak ilmu yang didapat melalui membaca,” tutup Baldan sambil tersenyum. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

DMC bantu wartawan depok

DMC dan JJI Beri Bantuan Wartawan Depok

SALURKAN : Depok Media Center (DMC) menyalurkan bantuan paket sembako dari Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI).

Read More...
pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...

Mobile Sliding Menu