Taman Lembah Leli Terbengkalai

In Satelit Depok
taman lembah leli
BUTUH PERHATIAN : Kondisi kolam di Taman Lembah Leli, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas begitu memprihatinkan. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS Nasib Taman Lembah Leli, di Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas begitu memprihatinkan. Taman konservasi itu nampak tidak terawat. Sampah daun dan ranting mengisi kekosongan taman ini.

Hanya Pesing, warga sekitar, yang mengelola taman itu sendirian. Dia mengaku hanya ingin melindungi dan melestarikan Entuk Dangdang, sumur mata air yang ada disana.

“Itu situs peninggalan sejarah yang sudah lama sekali, dan saya berinisiatif untuk menjaganya,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Memang, tak disangka jika. Dibalik hijaunya Taman Lembah Leli, terdapat situs peninggalan bersejarah berupa tujuh buah sumur mata air.

Sumur-sumur tersebut ditata kembali oleh Pemerintah Kota Depok dengan dibentuk batu-batu kolam. Ada pula yang diberi penghalang berupa bambu yang mengelilingi sumur, seperti sumur yang berada di belakang kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Depok.

“Sayangnya, keberadaan mata air ini kurang dipedulikan oleh masyarakat sekitar. Kolam asli ini juga kotor karena warga sering buang sampahnya ke daerah sini. Warganya tidak ada kesadaran,” jelasnya.

Perlu diketahui, sebelum dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, taman tersebut merupakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk para warga sekitar. “Masih banyak bekas-bekas sampah di sini karena dulunya memang TPS. Susahnya itu sampah endapan plastik,” tambahnya lagi.

Ia berharap agar pemerintah bisa lebih memperhatikan kelestarian Taman Lembah Leli. Warga di sekitar juga diminta tidak membuang sampah di selokan area Taman Lembah Leli.

“Sayang. Disini ada situs sejarah. Mestinya bisa dilestarikan,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Reza Indragiri Amriel.

Waspada Kriminalitas Mewabah di Depok

Reza Indragiri Amriel.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Satu persatu tidak kriminalitas mulai tumbuh di Kota Depok. Di

Read More...
mohammad idris baju ungu

Ada 40.423 KK yang Terima Bantuan di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 40.423 Kepala

Read More...
warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu