Beranda Satelit Depok Tugu Bekali Warga Mitigasi Bencana

Tugu Bekali Warga Mitigasi Bencana

0
Tugu Bekali Warga Mitigasi Bencana
KEGIATAN : Penyuluhan Mitigasi Pemadam Kebakaran dan Penanganan Bencana, di aula Kelurahan Tugu. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
pelatihan mitigasi bencana kelurahan tugu
KEGIATAN : Penyuluhan Mitigasi Pemadam Kebakaran dan Penanganan Bencana, di aula Kelurahan Tugu. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis melaksanakan Penyuluhan Mitigasi Pemadam Kebakaran dan Penanganan Bencana. Agenda ini memberi pengetahuan masyarakat guna  mencegah kebakaran. Sebab,  kelurahan pimpinan Abdul Mutolib tersebut memiliki 35 ribu kepala keluarga dan menjadi kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kota Depok.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Peran Serta Masyarakat, Emma Lidya Siahaan mengharapkan dengan penyuluhan ini masyarakat dapat melakukan penanganan dasar dalam kebakaran.

“Jadi, sebelum adanya petugas pemadam kebakaran datang, masyarakat harus bisa melakukan penanganan dasar,” ucap Emma kepada Radar Depok.

Ia mengungkapkan, pemahaman tentang mitigasi bencana kebakaran dan penanganannya sangat penting diketahui. Karena, dapat terjadi kapan dan menimpa siapa saja tanpa memandang apapun.

“Untuk itu, kami harus memiliki bekal pengetahuan untuk mengatasinya,” pungkasnya.

Sementara, Lurah Tugu, Abdul Mutolib mengajak peserta penyuluhan yang juga pengurus RT, RW, Kader PKK, Karang Taruna dan warga agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

“Karena, kegiatan ini memiliki tujuan agar masyarakat dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam penanganan kebakaran dan bencana yang mungkin saja terjadi di lingkungan bisa segera diatasi,” kata Abdul Mutolib.

Ia mengungkapkan, Kelurahan Tugu menjadi wilayah dengan warga terbanyak, sebab, terdapat 3 ribu kepala keluarga. Sehingga, memungkinkan akan muncul kerawanan-kerawanan, termasuk rawan terhadap kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik, bocornya kompor gas dan lain-lain.

Karenanya ia  berharap penyuluhan yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk mengatasi satu persoalan di lingkungan tempat tinggal.

“Saya berharap peserta yang ikut penyuluhan hari ini bisa menjadi kader dan pelopor di lingkungan untuk menyebarkan pengalaman mitigasi kebakaran kepada warga lainnya,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)